5 Penyakit dengan Gejala Rambut Rontok, Salah Satunya Infeksi Menular Seksual

Kamis, 01 Juni 2023 - 12:35 WIB
loading...
5 Penyakit dengan Gejala Rambut Rontok, Salah Satunya Infeksi Menular Seksual
Ada lima penyakit dengan gejala rambut rontok. Masalah rambut rontok tentu sangat mengganggu. Apalagi bagi wanita yang merasa risih ketika rambutnya rontok. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada lima penyakit dengan gejala rambut rontok . Masalah rambut rontok tentu sangat mengganggu. Apalagi bagi para wanita yang merasa risih ketika rambutnya rontok.

Rambut rontok sendiri disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari salah menggunakan shampo sampai gejala suatu penyakit. Hal ini tentu saja harus diwaspadai.

Lantas apa saja penyakit dengan gejala rambut rontok? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/6/2023).

Penyakit dengan Gejala Rambut Rontok





1. Tiroid


Penyakit dengan gejala rambut rontok yang pertama ada tiroid. Kelenjar tiroid membengkak akan membuat Anda mengalami kerontokan rambut secara berlebihan. Hal itu karena tubuh sedang mengalami fase hormon yang tidak menentu.

2. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)


Sindrom ovarium polikistik atau polycystic ovary syndrome (PCOS) merupakan gangguan hormon yang menyebabkan kista muncul di ovarium wanita. Salah satu gejala dari PCOS ini adalah akan mengalami rambut rontok hingga kebotakan.

3. Alopecia Areata


Selanjutnya ada alopecia areata atau yang dikenal dengan penyakit autoimun. Beberapa orang yang mengalami masalah autoimun biasanya memengaruhi folikel rambut sehingga menjadi rontok. Bahkan tak hanya rambut kepala yang rontok, tapi juga alis, bulu mata, hingga bulu hidung.

4. Infeksi Menular Seksual


Rambut rontok juga bisa menjadi gejala penyakit infeksi menular seksual. Sayangnya hingga saat ini penyakit tersebut belum ada obatnya sehingga penderita harus banyak mengonsumsi obat seumur hidup.



5. Infeksi Kulit Kepala


Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang kulit kepala sehingga menyebabkan rambut rontok hingga peradangan. Fatalnya, penderita infeksi kulit kepala bisa mengalami kebotakan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2617 seconds (0.1#10.140)