Diangkat dari Buku Misteri Karya Balai Pustaka, Film Kutukan Peti Mati Siap 'Gentayangan' di Bioskop Tanah Air

Kamis, 01 Juni 2023 - 15:51 WIB
loading...
Diangkat dari Buku Misteri Karya Balai Pustaka, Film Kutukan Peti Mati Siap Gentayangan di Bioskop Tanah Air
Yoriko Angeline dan Aliff Alli, dua pemeran utama film Kutukan Peti Mati. Foto/Balai Pustaka
A A A
JAKARTA - Film horor Kutukan Peti Mati segera rilis di bioskop. Film ini istimewa karena menjadi karya perdana Balai Pustaka, perusahaan negara yang bergerak di bidang penerbitan dan percetakan yang sudah memiliki banyak sekali intelectual property (IP) berupa buku yang terkenal.

Buku-buku dari Balai Pustaka banyak yang dianggap menarik diangkat ke layar lebar. Seiring perkembangan zaman, sesuai amanat Menteri BUMN Erick Thohir kepada seluruh BUMN dan anak perusahaannya, Balai Pustaka pun coba bertransformasi dengan mengembangkan produk multimedia, salah satunya film.

“Balai Pustaka harus berpindah haluan. Bukan hanya menggeluti bidang penerbitan dan percetakan, tetapi juga ke multimedia dalam bentuk pembuatan film. Nah, kebetulan buku-buku IP yang dimiliki Balai Pustaka banyak yang menarik untuk diangkat ceritanya dalam bentuk film,” kata Dirut PT Balai Pustaka Achmad Fachrodji melalui siaran pers, Kamis (1/6/2023).

Dalam tiga tahun terakhir, ada dua judul novel terbitan Balai Pustaka yang ceritanya diangkat ke layar lebar dan siap tayang pada 2023.

“Novel pertama berjudul Sarcophagus Onrust atau Kutukan Peti Mati yang bergenre misteri dan horor, bercerita tentang hantu cantik jelita, Maria Van De Velde, beserta kisah misteri di zaman VOC yang melatarinya. Novel kedua berjudul Sitti Nurbaya, novel yang paling melegenda, bergenre romansa. Keduanya telah diproduksi filmnya dan akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia,” ungkap Achmad Fachrodji.

Kutukan Peti Mati sendiri sudah direncanakan tayang di bioskop pada 20 Juli 2023. Film yang diangkat dari novel karya Astryd D’ Savitri itu menampilkan sisi sejarah Pulau Onrust yang dibalut kisah misteri.

“Jadi, film Kutukan Peti Mati berasal dari kisah misteri yang ada di Pulau Onsrust serta cerita sejarah sejak kedatangan VOC di negeri ini. Tentu para pecinta film akan sangat tertarik dan penasaran untuk melihatnya. Semua yang terjadi di Pulau Onrust dikisahkan dalam novel Sarchopagus Onrust, termasuk misteri peti mati yang ada di sana. Karena itu, judul filmnya Kutukan Peti Mati,” beber Achmad Fachrodji yang juga bertindak sebagai produser eksekutif film tersebut.

Film besutan sutradara Irham Acho Bahtiar ini menghadirkan para pemain muda seperti Yoriko Angeline (Susan), Aliff Alli (Bram), Cristina Danilla (Maria Van de Velde), Eryck Amaral (Jan Koenraad), serta pemain senior seperti Donny Damara (Prof. Daniel), Dewi Rezer (Prof. Tarina), Mathias Muchus (Pak Ibrahim Kakek Susan), Egy Fedly (Hasan), Ray Sahetapy (Dr. Victor), dan Wina Marrino (Ibunda Susan).

Kutukan Peti Mati berkisah tentang Bramanto Putra, seorang mahasiswa arkeolog yang menemukan buku catatan kuno di Pulau Onrust yang telah tersimpan 300 tahun. Ia lalu meminta tolong pada Susan Sriwati, teman yang ditaksirnya, untuk meriset buku tersebut namun berakibat fatal setelah Susan tak sengaja membaca mantra di buku tersebut.

Arwah penasaran Maria van de Velde, Jan Koenraad (kekasih Maria), dan Hasan budak pengukir batu kuburan, merasuki Susan. Bram meminta tolong pada pamannya, Profesor Daniel, untuk menyelidiki kasus Susan. Rupanya ada sosok lain yaitu iblis Dokter Machinebouw, dokter penguasa kegelapan Pulau Onrust yang memburu jiwa Susan.

Bram dan Profesor Daniel harus melawan kekuatan iblis untuk menyelamatkan Susan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)