Muncul Fenomena Salju di Gunung Bromo, Wisatawan Berbondong-bondong Ingin Menyaksikan

Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:48 WIB
loading...
Muncul Fenomena Salju di Gunung Bromo, Wisatawan Berbondong-bondong Ingin Menyaksikan
Kemunculan embun upas atau frost yang menyerupai salju membuat kawasan Wisata Gunung Bromo ramai dikunjungi wisatawan. / Foto: istimewa
A A A
MALANG - Kawasan Wisata Gunung Bromo dalam momen liburan saat ini ramai dikunjungi wisatawan. Salah satu yang menyita perhatian wisatawan adalah kemunculan embun upas atau frost yang menyerupai salju.

Menurut Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Septi Eka Wardani, embun upas alias frost yang muncul selalu menjadi magnet bagi wisatawan .

"Tetap dibatasi sesuai kuota, untuk hari ini saja itu kurang lebih ada sekitar 2.022 pengunjung. Untuk suhunya bisa sampai minus atau pada titik beku air atau suhunya sekitar mendekati 0 derajat celsius," jelas Septi ketika dihubungi pada Jumat (2/6/2023).



Lebih lanjut, Septi mengutarakan jika jumlah kunjungan tahun ini ampai akhir Mei 2023 sekitar 171.858 orang. Dari jumlah itu sekitar 3.000 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

Muncul Fenomena Salju di Gunung Bromo, Wisatawan Berbondong-bondong Ingin Menyaksikan
(Foto: istimewa)

"Untuk wisman sekitar 3.000 pengunjung, memang tertarik untuk melihat embun beku, hari-hari inilah saatnya yang tepat," ujarnya.

Kendati demikian, Septi menyebutkan jika munculnya fenomena frozen tidak akan setiap hari. Sehingga, tidak semua pengunjung bisa menikmatinya. Apalagi kemunculannya juga bergantung pada kondisi suhu dan cuaca yang ada di lokasi wisata.

"Saya juga tidak bisa menjanjikan bahwa setiap hari embun beku ini ada, karena kemunculannya sangat bergantung pada kondisi suhu dan cuaca pada saat tersebut," tuturnya.

Sebagai informasi, fenomena salju atau frost memang kerap muncul saat memasuki musim kemarau di kawasan Gunung Bromo dan Semeru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)