Dukung Pengembangan Karier, Organisasi Musisi Indonesia dan Malaysia Jalin Kerja Sama

Sabtu, 03 Juni 2023 - 23:54 WIB
loading...
Dukung Pengembangan Karier, Organisasi Musisi Indonesia dan Malaysia Jalin Kerja Sama
Kerja sama yang dilakukan FESMI dan KARYAWAN itu meliputi mekanisme pengumpulan informasi berdasarkan fakta yang independen di masing-masing negara. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Meminimalisir permasalahan yang menimpa musisi ketika sedang bekerja di negeri seberang, Federasi Serikat Musisi Indonesia (FESMI) menjalin kesepakatan dengan Malaysian Artiestes Association atau Asosiasi Artis Musik Malaysia (KARYAWAN).

Kerja sama yang dilakukan FESMI dan KARYAWAN itu meliputi mekanisme pengumpulan informasi berdasarkan fakta yang independen di masing-masing negara.

Sebagaimana telah disebutkan, melalui kerja sama tersebut, apabila nantinya artis negara mitra mengalami masalah saat berada di negara kedua belah pihak, maka kendala itu bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan tepat.



Adapun, poin besar kerja sama lain dari kedua organisasi itu adalah memfasilitasi pengembangan karier artis masing-masing negara.

"Kerja sama ini agar artis asal negara masing-masing dapat nyaman pentas di negeri satunya," ungkap Ketua Umum FESMI, Candra Darusman usai jumpa pers di kawasan Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat, 2 Juni 2023.

Pada kesempatan sama, President KARYAWAN, Datuk Freddie Fernandez berharap kolaborasi ini bisa mengawali era kerja kedua negara yang saling menguntungkan dalam industri musik.

"Ini akan menjadi sebuah hubungan yang mutual di mana pertukaran ide, kolaborasi musik, dan pertukaran talenta antara dua negara menjadi dimungkinkan," ujar Datuk Freddie Fernandez.



Sementara itu, acara penandatangan kesepakatan kerja sama (MoU) ini turut diikuti perwakilan organisasi di industri musik Tanah Air. Beberapa di antaranya Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI); Ikatan Manager Artis Indonesia, Forum Backstagers Indonesia, dan Asosiasi Promotor Musik Indonesia (APMI).
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)