Klappertaart, Dessert Sehat untuk Berbuka Puasa

Jum'at, 17 Juni 2016 - 21:28 WIB
Klappertaart, Dessert Sehat untuk Berbuka Puasa
Klappertaart, Dessert Sehat untuk Berbuka Puasa
A A A
JAKARTA - Membuat sajian berbuka puasa yang sedikit berbeda tentu akan menambah suasana Ramadan menjadi lebih berwarna. Seperti yang dilakukan chef dari Sea Grain Restaurant & Bar DoubleTree Hotel Jakarta Ahmad Nurseha yang menghadirkan menu dessert khas Manado, yakni klappertaart sebagai hidangan berbuka puasa.

Selain melestarikan kuliner Nusantara, klappertaart merupakan dessert yang cukup sehat dan mudah dalam membuatnya.

“Klappertaart itu sangat jarang kita temui sebagai dessert di restoran atau hotel. Makanya di sini di DoubleTree Hotel, saya menghadirkan klappertaart. Bahannya juga simple, kemudian tidak banyak karbohidrat atau lemak didalamnya,” kata Ahmad.

Bahan yang digunakan, ada telur, gula, butter, santan, kelapa sebagai isiannya, ditambah raisin. Untuk lengkapnya, berikut ini resep Klappertaart.

Bahan-bahan:
250 gram kelapa muda
70 gram maizena
9 butir telur (gunakan kuningnya saja)
750 ml susu
250 ml santan
250 ml gula pasir
150 gram butter
75 gram tepung terigu
5 gram bubuk perisa vanilla
5 gram bubuk kayu manis
5 gram kismis

Cara membuat:
Panaskan susu, santan, gula, dan butter dalam panci di atas api sedang. Sementara menunggu, campurkan telur kuning, maizena, tepung terigu, dan bubuk kayu manis ke dalam mangkuk, aduk rata.

Tuangkan sedikit campuran susu ke dalam campuran telur, aduk rata dan jangan sampai menggumpal. Selanjutnya, tuangkan campuran telur tadi ke dalam panci berisi campuran susu. Aduk terus sampai seluruh adonan bercampur rata dan mengental.

Masukkan kelapa muda, kismis, dan perisa vanilla, aduk hingga rata. Tuangkan ke dalam pinggan atau cetakan sesuai selera, kemudian panggang di dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 10-15 menit. Sajikan atau masukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu jika ingin menyajikannya secara dingin.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4869 seconds (0.1#10.140)