Begini Perkembangan Dangdut Koplo di Indonesia yang Jadi Genre Musik Happy Asmara, Pelantun Shopee Maszeh

Senin, 05 Juni 2023 - 18:50 WIB
loading...
Begini Perkembangan Dangdut Koplo di Indonesia yang Jadi Genre Musik Happy Asmara, Pelantun Shopee Maszeh
Penampilan Happy Asmara di Kontes Ambyar Indonesia, Rabu (31/5/2023)
A A A
JAKARTA - Meski industri musik tanah air sudah banyak dipengaruhi oleh musik barat, nyatanya musik dangdut koplo yang sudah membumi di Indonesia sejak dahulu kala masih berjaya hingga saat ini. Tak hanya disukai oleh golongan orang tua, dangdut koplo digemari oleh siapa pun dari berbagai usia, golongan, dan latar belakang, termasuk anak muda.

Sejak pertengahan tahun 1950-an, musik dangdut koplo memang telah mengalami perkembangan yang signifikan di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, genre ini mulai mendapatkan perhatian yang lebih besar dan menjadi salah satu aliran musik yang paling populer di Indonesia.

Pada tahun 1960-an, musik dangdut mulai muncul sebagai genre yang unik dengan penggabungan unsur-unsur musik India dan Melayu dengan irama-irama dangdut yang khas. Kala itu, dangdut masih berbentuk akustik dan belum mengenal aransemen yang kompleks. Namun, melodi yang riang dan ritme yang kuat membuatnya digemari oleh banyak orang.

Musik dangdut mulai mengalami transformasi dan perkembangan yang lebih pesat pada tahun 1970-an. Aransemen musik dangdut semakin berkembang dengan penggunaan instrumen modern seperti keyboard, gitar listrik, dan drum. Para penyanyi dangdut pun mulai muncul dengan gaya dan karisma yang khas, seperti Rhoma Irama yang menjadi ikon musik dangdut masa itu.

Pada tahun 1980-an, musik dangdut koplo mulai mengemuka. Dangdut koplo adalah versi dangdut yang lebih energik dan berirama cepat, sering kali diiringi dengan instrumen-instrumen elektronik seperti keyboard dan drum elektronik. Dangdut koplo memiliki daya tarik yang kuat di kalangan masyarakat pedesaan dan perkotaan karena kecepatan iramanya yang dianggap bisa membangkitkan semangat.

Kemudian pada dekade 1990-an, musik dangdut koplo semakin merajai panggung hiburan Indonesia. Banyak grup musik dangdut koplo yang muncul dan merilis album-album mereka. Para penyanyi dan grup musik seperti New Pallapa, Sagita, dan Monata mulai dikenal luas dan menjadi idola di kalangan pencinta musik dangdut koplo.

Dalam beberapa tahun terakhir, musik dangdut koplo di Indonesia terus mengalami perkembangan yang pesat. Salah satu penyanyi yang turut berperan dalam perkembangan ini adalah Happy Asmara. Happy Asmara adalah seorang penyanyi dangdut koplo yang popularitasnya meroket di kalangan penggemar musik dangdut.

Kehadiran Happy Asmara dalam industri musik dangdut koplo juga memperkaya genre ini dengan lagu-lagu baru yang segar. Dengan begitu, lagu-lagu Happy Asmara menjadi lebih variatif dan menarik bagi pendengar dari berbagai latar belakang musik.

Happy Asmara Luncurkan Lagu Terbarunya Berjudul Shopee Maszeh
Pencinta musik dangdut koplo tanah air dibuat bahagia dengan rilisnya lagu terbaru Happy Asmara pada Senin (29/5/2023).

Sebelumnya, Happy memang sempat mengunggah sebuah Instagram reels di akunnya @happy_asmara77. Dalam video singkat tersebut, Happy menuliskan “Wis bosen karo kopi? Tenang, ana sing anyar dariku” yang artinya “Sudah bosan dengan kopi? Tenang, ada yang baru dariku.”
Begini Perkembangan Dangdut Koplo di Indonesia yang Jadi Genre Musik Happy Asmara, Pelantun Shopee Maszeh

Screenshot Instagram reels @happy_asmara77
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2340 seconds (0.1#10.140)