5 Perbedaan Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan, Pelancong Harus Tahu!

Selasa, 06 Juni 2023 - 16:36 WIB
loading...
5 Perbedaan Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan, Pelancong Harus Tahu!
Gili Trawangan memiliki panorama nan indah. Sedikitnya ada lima hal yang menjadi pembeda antara Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan. Foto/Freepik
A A A
MATARAM - Sedikitnya ada lima hal yang menjadi pembeda antara Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan. Ketiga pulau tersebut berada di Nusa Tenggara Barat.

Seperti pulau wisata pada umumnya, ketiga pulau itu juga kerap dijadikan tempat liburan. Pulau nan indah ini dikelilingi oleh hamparan pasir pantai berwarna putih dan sangat lembut.

Meskipun memiliki nama dan berada di daerah yang sama, Pulau Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan ternyata memiliki perbedaan.


Berikut adalah Lima Perbedaan Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan

1. Dimensi Pulau

Gili Trawangan, Meno, dan Air memiliki luas sekitar 2.954 hektar. Luas daratan Gili Trawangan mencapai 340 ha, sementara Gili Meno seluas 150 ha, dan Gili Air mencapai 175 ha.

Pulau Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari sebutan pulau Gili. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Gili Trawangan berpopulasi sekitar 2.089 jiwa dengan rasio laki-laki dan perempuan adalah 1,08.

2. Keramaian Pulau

Gili Trawangan merupakan salah satu pulau teramai dari ketiga pulau gili. Pulau Trawangan telah diisi oleh sejumlah klub malam yang siap untuk mengajak pengunjung berpesta. Banyak hotel atau penginapan jika ingin tinggal di sana.

Berbeda dengan Gili Trawangan, Gili Meno tidak memiliki banyak hotel dan restoran mewah. Namun para pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah dan masih asri. Sedangkan Gili Air merupakan penyempurna dari keduanya, kekurangan atau kelebihan dari pulau gili ada padanya.


3. Kejernihan Air di Sekitar Pulau

Sebagai pulau yang tidak terlalu ramai, Gili Meno menjadi pulau yang memiliki air laut yang sangat jernih serta kebiruan. Hal tersebut berbeda dengan Gili Trawangan dan Gili Air yang memiliki banyak penginapan serta spot wisata yang sudah ramai.

4. Kelengkapan Fasilitas

Gili Trawangan merupakan ibu dari kedua pulau Gili Air dan Gili Meno. Gili Trawangan juga memiliki banyak fasilitas yang terbilang lengkap. Beberapa di antaranya penginapan, spot menyelam, berkuda hingga wisata kuliner.

5. Batasan pada Kendaraan Bermotor dan Penggunaan Listrik

Sebagai pulau gili yang kurang populer, kendaraan bermotor dan listrik di Gili Meno masih sangat dibatasi. Hal tersebut tentu berbeda dengan yang ada di Pulau Gili Trawangan dan Gili Air.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)