Viral Tren Kecantikan Gunakan Darah Menstruasi untuk Masker Wajah, Apa Kata Pakar?

Selasa, 06 Juni 2023 - 17:07 WIB
loading...
Viral Tren Kecantikan Gunakan Darah Menstruasi untuk Masker Wajah, Apa Kata Pakar?
Media sosial kembali diramaikan dengan tren kecantikan yang terbilang aneh, salah satunya penggunaan masker wajah menggunakan darah menstruasi. Foto Ilustrasi/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Media sosial belakangan ini diramaikan dengan tren kecantikan yang terbilang aneh, salah satunya penggunaan masker wajah menggunakan darah menstruasi. Treatment ini dipercaya dapat membuat kulit mulus dan awet muda.

Yang terbaru adalah kisah seorang wanita bernama Rista yang membagikan rahasia cantik dan awet mudanya. Rupanya rahasia awet muda Rista selama ini yaitu menggunakan darah menstruasi setiap kali datang bulan untuk masker wajah.

"Kalian bisa mengoleskan darah menstruasi kalian secukupnya ke wajah, atau seluruh badan pun bisa kalau darahnya lagi banyak-banyaknya. Aku juga pernah alhasil kulit aku jadi mulus. Cukup satu bulan satu kali ya," kata wanita tersebut sambil menunjukkan wajahnya yang penuh olesan darah, dikutip Selasa (6/6/2023).



Postingan ini kembali diunggah oleh akun Twitter @sosmedkeras.

Rupanya ini bukan kejadian pertama kali. Tren perawatan kecantikan menggunakan darah menstruasi sudah terjadi sejak 2020 di beberapa negara. Bahkan dilansir dari Nypost, beberapa Tiktokers ada yang membagikan cara menggunakan masker wajah menggunakan darah kotor tersebut hingga ditonton ribuan kali oleh netizen.

Dokter Kulit dr Geetika Mittal Gupta memberikan tanggapan tentang tren kecantikan menggunakan darah menstruasi. Menurutnya, hal itu hoax atau tidak benar karena tak memiliki bukti ilmiah.

"Darah menstruasi malah bisa menyebabkan infeksi karena terkontaminasi sel kulit mati dan lapisan dalam mati yang dikenal sebagai endomisium," ujarnya, seperti dikutip dari Indian Express.

Hal senada disampaikan oleh Dokter Spesialis Bedah Laparoskopi dan Spesialis IVF dr Vidya V Bhat, bahwa darah menstruasi terdiri dari darah jaringan endometrium serta cairan serviks dan vagina.



“Banyak wanita mungkin mengalami infeksi vagina dan serviks dan juga infeksi endometrium yang disebut endometritis. Bakteri dan jamur yang ada pada cairan haid bisa berbahaya bagi kulit dan bisa memperparah jerawat,” jelasnya.

Alih-alih memberikan manfaat perawatan kulit, menggunakan darah menstruasi di wajah Anda justru bisa memperburuk kesengsaraan Anda.

“Pori-pori yang terbuka dapat terinfeksi oleh cairan yang terinfeksi ini,” tambah dr Bhat.

Sementara itu, Konsultan Ahli Bedah Plastik Kosmetik, Mumbai, dr Parag Telang juga ikut berkomentar bahwa perawatan ini justru dapat merusak kulit.

“Jadi, yang terbaik adalah menjauhi perawatan seperti itu dengan manfaat yang diragukan,” tandasnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2358 seconds (0.1#10.140)