Dengan Cara Ini, Menjaga Kesehatan Kulit dan Wajah Tidak Perlu Mahal

Senin, 05 Juni 2023 - 20:13 WIB
loading...
Dengan Cara Ini, Menjaga Kesehatan Kulit dan Wajah Tidak Perlu Mahal
Merawat kesehatan kulit dan wajah, bisa dimulai dengan memperbaiki pola hidup terlebih dahulu.
A A A
Kondisi kulit dan wajah yang ideal merupakan impian banyak orang. Namun demikian, hingga kini, banyak yang mengira bahwa rahasia memiliki kulit cerah itu harus dengan perawatan yang mahal nan kompleks.

dr Tary Mantra SpDV, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin mengatakan, merawat kesehatan kulit dan wajah, bisa dimulai dengan memperbaiki pola hidup terlebih dahulu.

"Menjaga pola hidup sehat itu bisa dimulai dari makan makanan yang seimbang dan bergizi, minum air putih yang cukup, tidur yang cukup, dan rajin berolahraga," kata dr. Tary.

Dengan Cara Ini, Menjaga Kesehatan Kulit dan Wajah Tidak Perlu Mahal


Anak kedua dari ayah bernama Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, S.E., M.Si (wali kota Denpasar 2016-2021) dan Ibu Ida Ayu Selly Fajarini ini lebih jauh menerangkan, meskipun terlihat mudah, menjaga pola hidup sehat justru merupakan hal tersulit dari semuanya.

Menjaga pola hidup sehat itu, artinya juga tidak menyentuh hal-hal yang tidak sehat. Zaman sekarang, kata dr. Tary, rasanya sulit sekali menahan untuk tidak makan makanan cepat saji, makanan berlemak, makanan dan minuman tinggi gula. Padahal, cepat atau lambat apa yang kita konsumsi akan berdampak nyata pada kulit dan wajah.

Hal itulah yang menyebabkan rata-rata masyarakat mengalami permasalahan kulit yang serupa, misalnya seperti eksim (dermatitis). Biasanya, orang yang sudah terkena dermatitis akan sering relaps (kambuh-kambuhan). Karena itu, penting untuk tetap menjaga pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, manajemen stress yang baik, dan rajin berolahraga.

"Bagaimana kita harus mengerem keinginan untuk makan junk food terus-menerus, bagaimana kita harus menjaga waktu tidur yang cukup 7-8 jam per hari, belum lagi olahraga yang harus dilakukan rutin," katanya.

Sedangkan untuk permasalahan wajah, dokter yang memiliki nama lengkap Ida Ayu Uttari Priyadarshini ini menyebut flek dan jerawat masih menjadi kasus yang sering ia temui. Untuk permasalahan wajah seperti jerawat dan flek, modalitas terapinya banyak dan tidak bisa instan, jadi perawatannya harus sabar dan telaten.

"Tapi jika permasalahannya sudah tidak wajar, maka bisa langsung konsultasikan ke dokter spesialis, ya.." katanya lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1964 seconds (0.1#10.140)