alexametrics

Hagia Sophia Gelar Salat Jumat Perdana, Ini Respons Selebritas Tanah Air

loading...
Hagia Sophia Gelar Salat Jumat Perdana, Ini Respons Selebritas Tanah Air
Setelah 86 tahun, Hagia Sophia akhirnya kembali menjadi masjid dan menyelenggarakan salat Jumat perdana pada 24 Juli 2020. / Foto: Hurriyet Daily News
A+ A-
JAKARTA - Setelah 86 tahun lamanya, Hagia Sophia atau Aya Sofya akhirnya diubah lagi fungsinya menjadi masjid. Untuk kali pertama dalam sejarah modern Turki, Aya Sofya menggelar salat Jumat perdana pada 24 Juli 2020. Salat Jumat perdana tersebut dilaksanakan terbuka untuk laki-laki dan perempuan.

(Baca juga: Kemegahan Hagia Sophia Kembali Terpancar dengan Salat Jumat Pertama)

Masyarakat setempat tumpah ruah di sekitar Hagia Sophia. Bahkan, ada juga yang dari sejak Kamis malam sudah menggelar sajadah di luar pagar pembatas kompleks bangunan kuno tersebut.

(Infografis Sejarah Perubahan Hagia Sophia)



Namun, bukan hanya sebagian besar masyarakat Turki, kembali berfungsinya Aya Sofya menjadi masjid turut disambut gembira oleh sebagian masyarakat Indonesia, bahkan di antaranya terdapat juga dari kalangan selebritas. Sejumlah selebritas itu pun menuangkan ucapan selamat dan kegembiraannya melalui akun media sosialnya masing-masing.

(Baca juga: Shalat Jumat di Hagia Sophia Terbuka untuk Laki-laki dan Perempuan)



"Jumat mubarak. Hari ini bersejarah bagi saudara2 kita di Turky bisa melaksanakan Sholat Jumat kembali setelah 86 tahun di Aya Sofia Camii," tulis Arie Untung dalam caption unggahan Instagram @ariekuntung.

Hagia Sophia Gelar Salat Jumat Perdana, Ini Respons Selebritas Tanah Air

(Foto: Instagram @arieuntung)
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak