Mengenal Habbatussauda, Bahan Herbal dengan Segudang Manfaat Kesehatan

Kamis, 15 Juni 2023 - 18:53 WIB
loading...
Mengenal Habbatussauda, Bahan Herbal dengan Segudang Manfaat Kesehatan
Habbatussauda atau nigella sativa dipercaya sebagai salah satu bahan herbal yang mempunyai berbagai manfaat buat kesehatan tubuh. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Habbatussauda atau nigella sativa dipercaya sebagai salah satu bahan herbal yang mempunyai berbagai manfaat buat kesehatan tubuh.

Dikenal sebagai jintan hitam di Indonesia, habbatussauda secara tradisional dikenal berkhasiat menjaga imunitas tubuh , menambah stamina, mengatasi peradangan, hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

Beragam khasiat habbatussauda ini juga telah dibuktikan melalui berbagai penelitian ilmiah dan uji klinis secara modern.



Pharmacist & Medical Pharmacologist, apt. Drs. Victor S. Ringoringo S.E., M.Sc, menyebutkan jika habbatussauda merupakan salah satu bahan herbal yang memiliki cakupan manfaat yang sangat luas terhadap kesehatan tubuh, terutama jika dikonsumsi dengan cara dan pola yang tepat.

"Bahan-bahan herbal dan alami merupakan bagian dari pengobatan tradisional yang telah berkembang sejak lama di Indonesia. Nah, habbatussauda atau jintan hitam merupakan salah satu bahan herbal yang punya spektrum terluas untuk membantu menjaga kesehatan tubuh secara optimal," beber Victor, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Kamis (15/6/2023).

Salah satu manfaat utama dari habbatussauda adalah kemampuannya meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam Asian Journal of Pharmaceutical & Clinical Research, habbatussauda mempunyai kandungan yang berperan sebagai agen antiinflamasi dan antioksidan termasuk timokuinon dan flavonoid, yang mampu memperkuat respons imun tubuh melawan penyakit.

"Antioksidan adalah salah satu senyawa dalam biji habbatussauda yang dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel dan penyakit. Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh, antikosidan juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kanker," jelas dia.

Habbatussauda juga memiliki peran dalam membantu menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Hypertension melaporkan bahwa dengan mengonsumsi ekstrak habbatussauda secara rutin, mampu menurunkan tekanan darah pada orang-orang yang memiliki hipertensi ringan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1848 seconds (0.1#10.140)