8 Makanan Khas Daerah Mojokerto yang Terkenal Lezat dan Bikin Nagih

Jum'at, 16 Juni 2023 - 15:45 WIB
loading...
8 Makanan Khas Daerah Mojokerto yang Terkenal Lezat dan Bikin Nagih
Makanan khas daerah Mojokerto memang terkenal akan rasanya yang lezat dan enak. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Makanan khas daerah Mojokerto memang terkenal akan rasanya yang lezat dan enak. Sejumlah makanan khas berikut ini dapat menjadi referensi makanan ketika berkunjung ke Mojokerto.

Mojokerto merupakan salah satu kota terbilang maju yang ada di Jawa Timur, tepatnya di sebelah barat daya Surabaya dengan jarak kurang lebih 50 Km. Kemajuan kota ini bisa dilihat dari banyaknya tempat wisata dan kuliner makanan khas daerah yang dimilikinya.


Berikut delapan makanan khas daerah Mojokerto yang terkenal Kelezatannya:

1. Sate Keong

Sate memang identik dengan daging kambing maupun ayam. Namun di Mojokerto, daging yang digunakan berasal dari keong yang didapatkan di persawahan masyarakat. Membuat sate keong memang cukup mudah, tetapi butuh ketelatenan agar kebersihan keong tetap terjaga.

2. Sambel Wader

Sambel wader terkenal dengan rasanya yang lezat ketika dihidangkan saat makan. Disebut sambel wader karena sambel tersebut berbahan utama dari ikan wader. Sementara ikan wader sendiri merupakan ikan yang biasa dibudidayakan masyarakat setempat.

3. Kerupuk Upil

Meski memiliki nama yang agak nyeleneh, kerupuk upil dapat menambah gairah makan. Terlebih ketika kerupuk yang satu ini dihidangkan bersama dengan petis, maka akan terasa jauh lebih enak.

4. Kerupuk Rambak

Selain kerupuk upil, kerupuk rambak juga menjadi makanan khas daerah Mojokerto yang tergolong enak dan gurih. Sebab kerupuk yang satu ini dibuat dengan bahan-bahan pilihan seperti kulit sapi, ikan, udang yang sudah mengalami proses pengeringan terlebih dahulu.


5. Onde-onde Mojokerto

Mencoba onde-onde khas Mojokerto memang sedikit beda karena onde-onde sendiri asalnya memang dari daerah tersebut. Onde-onde ini terbuat dari tepung terigu atau ketan lalu digoreng dan ditaburi wijen. Dalam perkembangannya kini onde-onde ada varian rasa seperti cokelat, stroberi dan kacang hijau.

6. Gulai Mentok

Berkunjung ke Mojokerto tak lengkap rasanya jika tidak mencoba Gulai Mentok. Mentok atau itik ini memang dibudidaya sendiri oleh masyarakat Mojokerto, sehingga kualitasnya pun terjaga. Maka tak heran jika makanan yang satu ini tergolong favorit disana.

7. Botok Tempe

Botok tempe merupakan jenis makanan yang terbuat dari campuran tempe dan parutan kelapa. Ampas kelapa tersebut dibumbui dengan udang, teri dan tahu. Namun makan Botok Tempe akan semakin lengkap jika disajikan dengan nasi jagung.

8. Es Gronjongan Majapahit

Es Gronjongan Majapahit kini menjadi salah satu makanan khas daerah Mojokerto yang digemari banyak orang, terlebih ketika saat Ramadhan tiba. Anda bisa mengkonsumsi minuman ini sebagai minuman penutup usah menikmati makanan khas Mojokerto lainnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2177 seconds (0.1#10.140)