11 Rekomendasi Wisata di Mojokerto, dari Alam sampai Tempat Bersejarah

Jum'at, 16 Juni 2023 - 15:59 WIB
loading...
11 Rekomendasi Wisata di Mojokerto, dari Alam sampai Tempat Bersejarah
Sedikitnya ada 11 rekomendasi wisata di Mojokerto yang dapat dikunjungi bila berlibur ke kota onde-onde ini. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada 11 rekomendasi wisata di Mojokerto yang dapat dikunjungi bila berlibur ke kota onde-onde ini. Kebanyakan wisata yang ditawarkan ini adalah tempat-tempat bersejarah dan sejumlah pesona alam.

Meskipun Mojokerto dikenal memiliki wilayah terkecil di Pulau Jawa, rupanya tempat ini menyimpan segudang pesona alam dan sejarah yang patut dikunjungi.


11 Rekomendasi Wisata di Mojokerto

Berikut 11 rekomendasi wisata di Mojokerto yang punya pesona menarik.

1. Air Terjun Grenjengan

Air Terjun ini terletak di Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Tempat ini menyajikan pemandangan air terjun besar dengan air yang jernih. Bagi para pecinta alam tentunya tempat ini bisa jadi opsi liburan terbaik.

2. Ranu Manduro

Wisata alam yang berada di Desa Manduro MG, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Mojokerto, ini menyajikan pemandangan yang asri dan menyejukkan. Beberapa waktu lalu, tempat ini bahkan sempat viral dan disandingkan dengan sejumlah tempat wisata di luar negeri.

3. Taman Ghanjaran

Bagi yang ingin berlibur bersama keluarga, Taman Ghanjaran yang berada di Jalan Raya Tretes-Trawas, Sukorame, Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Mojokerto, ini bisa jadi pilihan. Sebab dalam tempat wisata ini terdapat banyak wahana permainan seru macam, ATV, perahu naga, cinema 9 dimensi, hingga bianglala.

4. Sumber Gempong

Sumber Gempong terletak di Sukorame, Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Mojokerto. Wisata ini menyajikan view persawahan dilengkapi kolam mata air alami. Ditambah dengan segarnya udara di lokasi ini, sebab terdapat gunung dan pepohonan di sekelilingnya.

5. Bukit Watu Jengger

Bukit yang terletak di Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Jatirejo, Mojokerto, ini menyajikan pemandangan alam luar biasa yang dapat disaksikan dari atas bukit. Tak heran bila banyak pecinta alam yang singgah di bukit ini untuk berwisata.

6. Candi Jedong

Salah satu cagar budaya ini terletak di Kelurahan Lolawang, Kecamatan Ngoro, Mojokerto. Diketahui bahwa Candi Jedong ini telah berdiri kokoh sejak abad ke-14, dan sampai saat ini bangunannya masih terjaga.


7. Candi Tikus

Candi yang berada di Jalan Raya Trowulan, Keluruhan Temon, Kecamatan Trowulan, ini diketahui merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Bangunan candi ini cukup unik karena berada di dalam tanah dan di sekelilingnya terisi air. Konon tempat ini dulunya adalah tempat pemandian keluarga kerajaan.

8. Candi Jolotundo

Lokasinya yang berada di area hutan, Kecamatan Trawas, membuat lingkungan candi ini terkenal sejuk dan asri. Selain itu mata air yang ada di lingkungan candi juga dipercaya memiliki khasiat tersendiri.

9. Coban Canggu

Coban Canggu adalah air terjun setinggi 80 meter yang terletak di Desa Pacet, Kecamatan Pacet. Untuk mengunjunginya, para wisatawan terlebih dahulu melewati 200 anak tangga. Selain menghadirkan pemandangan air terjun menakjubkan, terdapat pula sejumlah gazebo, dan rumah makan untuk bersantai.

10. Bernah de Vallei

Tempat wisata yang berada di Jalan Raya Tirto Wening, Paras, Kembangbelor, Kecamatan Pacet, ini menghadirkan pengalaman wisata yang menarik. Sebab pengunjung bisa berenang sembari menikmati keindahan alam di sekitar yang masih asri.

11. Maha Vihara Mojopahit

Wisata ini menyuguhkan patung Buddha Tidur raksasa sepanjang 22 meter dan lebar 6 meter. Patung ini terletak di Kelurahan Bejijong, Kecamatan Trowulan. Selain menyajikan patung Buddha Tidur, terdapat pula patung-patung lain dan miniatur Candi Borobudur.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)