Gara-Gara Hal Ini, Pandji Pragiwaksono Sempat Jadi Sasaran Rasisme di AS

Sabtu, 17 Juni 2023 - 16:46 WIB
loading...
Gara-Gara Hal Ini, Pandji Pragiwaksono Sempat Jadi Sasaran Rasisme di AS
Komika Pandji Pragiwaksono memutuskan berkarier di New York, Amerika Serikat dan memboyong keluarganya. / Foto: Instagram @pandji.pragiwaksono
A A A
JAKARTA - Komika Pandji Pragiwaksono mencoba peruntungan dengan berkarier di New York, Amerika Serikat. Dia pun beradaptasi dengan kehidupan di Negeri Paman Sam tersebut.

Namun, Pandji ternyata sempat mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan terkait rasisme. Sang komika mengungkapkan hal tersebut saat berbincang dengan Kemal Palevi, baru-baru ini.

Pandji mengaku bahwa dirinya mendapat perlakukan rasis lantaran berdarah Asia dan beragama Islam. "Ada juga yang rasis ke gue karena gua Asia dan Islam," ujar Pandji, seperti dikutip dari kanal YouTube Kemal Palevi pada Sabtu (17/6/2023).



Pandji pun mengatakan jika hal itu terjadi saat dia sedang perform standup comedy di salah satu tempat di New York. Kala itu, dia membawakan materi tentang perbandingan jumlah orang Yahudi di Amerika Serikat dengan di Indonesia.

"Waktu itu bit gue lagi ngomongin tentang New York yang banyak orang Yahudi, terus gue bikin perbandingan dengan gue yang dari Indonesia dan enggak ada orang Yahudi di sana," bebernya.

"Tiba-tiba ada orang yang naik ke panggung terus bilang, 'ya iya lah, jelas. Indonesia kan negara Muslim," sambung Pandji.

Tidak berhenti di situ, orang asing itu juga menggunakan istilah rasis untuk menyebut agama Islam dan ras Asia. Hal itu terjadi di atas panggung dan diperhatikan banyak orang. Sehingga Pandji seolah-olah tengah dipermalukan di atas panggung.

"Dia juga tiba-tiba nanya gue orang Indonesia Wahabi atau Kristen. Di sana, Wahabi itu istilah rasial kalau di kita istilahnya semacam unta gitu," ungkapnya.

Syukurnya, komika maupun penonton di tempat itu tak menanggapi ataupun ikut mentertawakan Pandji. Bahkan, komika 43 tahun ini mengaku suasana tiba-tiba hening dan para komika yang lain pun meminta maaf padanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)