Ini Tips Kuliah Tidak Keteteran Meski Sambil Bekerja

Senin, 19 Juni 2023 - 20:02 WIB
loading...
Ini Tips Kuliah Tidak Keteteran Meski Sambil Bekerja
Karina Aletheia Victor (kanan) dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Senin (19/6/2023). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Buat beberapa orang, kuliah sambil bekerja mungkin tak mudah dilakukan. Terutama dalam hal membagi waktu.

Namun, Karina Aletheia Victor mampu mengatasinya. Mahasiswi semester akhir di salah satu universitas di Jakarta ini telah aktif bekerja dengan menjadi volunteer di sebuah perusahaan meski masih duduk di bangku kuliah.

Karina membagikan tips bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang ingin bekerja namun tidak sampai meninggalkan pendidikan. Meski begitu, ia tetap menyarankan bahwa pendidikan merupakan prioritas. Ketika sudah dijalankan, sebaiknya terlebih dulu harus diselesaikan.

Namun, jika seseorang merasa sanggup untuk mengimbangi keduanya, hal tersebut harus dimanfaatkan betul untuk mencari peluang di dunia kerja.



“Kalau misalnya masih di bangku sekolah, bangku kuliah, ya udah selesaiin dulu sebaiknya pendidikannya,” ujar Karina dalam Podcast Aksi Nyata di kanal YouTube Partai Perindo, Senin (19/6/2023).

“Tapi, kalau ada peluang dalam tanda kutip, ada waktu yang lebih, ada energi yang berlebih, itu bisa ya dipakai untuk mencari pengalaman,” lanjutnya.

Karina juga menyarankan, bagi mahasiswa dan mahasiswi yang memutuskan menjalankan pendidikan sambil bekerja, agar tidak setengah-setengah menjalankannya. Karena, menurutnya, bukan tidak mungkin dunia kerja membuat seseorang menjadi kewalahan dan harus berakhir menyerah serta mengorbankan pendidikan atau bahkan sebaliknya.

“Jangan gampang menyerah dan jangan lupa untuk cari teman yang bisa support kamu. Sebenarnya kita suka nggak tahu ya, kayak kita semua bisa nggak sih ngerjain bidang ini. Tapi karena nggak pernah nyoba, udah mundur duluan,” tuturnya.



Karina sejauh ini sudah beberapa kali menjadi volunteer di berbagai bidang meski masih duduk di bangku kuliah. Mulai content creator hingga copywriter.

Karina menyebut, keputusan untuk terjun ke dunia kerja saat masih kuliah berawal saat dirinya mulai bosan berada di rumah pada masa pandemi Covid-19. Ia saat itu iseng melamar pekerjaan di berbagai bidang melalui beberapa situs online. Bukan semata-mata untuk mencari gaji, hal tersebut dilakukan agar Karina bisa merasakan dunia kerja dan memperluas koneksinya.

Karena itu, Karina lantas memutuskan melamar menjadi seorang volunteer di beberapa perusahaan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3612 seconds (0.1#10.140)