Kemenparekraf Dorong Peran Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata

Senin, 26 Juni 2023 - 12:47 WIB
loading...
Kemenparekraf Dorong Peran Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata
Masyarakat di kawasan desa wisata didorong untuk terus meningkatkan peran dan partisipasinya dalam mengembangkan potensi pariwisata ekonomi kreatif wilayahnya. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Masyarakat di kawasan desa wisata didorong untuk terus meningkatkan peran dan partisipasinya dalam mengembangkan potensi pariwisata ekonomi kreatif wilayahnya.

Dengan begitu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif /Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) pun berharap hal tersebut dapat memberikan dampak yang besar terhadap kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat.

Ketika 'Sosialisasi Sadar Wisata 5.0' di Desa Wisata Sawitan, Minggu, 25 Juni 2023, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Martini M. Paham menyampaikan, sumber daya manusia (SDM) merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas dan pengembangan satu destinasi.



"Ada tiga komponen penting dalam pengembangan satu destinasi, yakni atraksi, amenitas dan aksesibilitas atau yang bisa disebut 3A," ujarnya, melalui keterangan resminya, Senin (26/6/2023).

Menurutnya, tiga komponen tersebut tak akan berarti jika SDM-nya tidak diangkat kualitasnya atau ditingkatkan peranannya.

Sosialisasi Sadar Wisata, yang merupakan bagian dari payung program Kampanye Sadar Wisata, pun digelar guna mendorong peningkatan partisipasi aktif masyarakat dalam pengembangan pariwisata di desanya. Di Desa Wisata Sawitan sendiri acara ini berlangsung 24-25 Juni 2023.

Selain Desa Wisata Sawitan, kegiatan tersebut juga berlangsung di Desa Wisata Tegalarum, Desa Wisata Bumiharjo, Desa Wisata Rambeanak, Desa Wisata Wringinputih, dan Desa Wisata Kembanglimus.

"Ini peluang yang sangat bagus bagi kita untuk belajar. Peran kita harus terus dijaga supaya kita sama-sama bisa memajukan destinasi, mempromosikan, dan juga memenuhi pendekatan kualitas yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tutur Martini.

Pada tahun ini, kata dia, kampanye Sadar Wisata secara keseluruhan akan berlangsung di 90 Desa Wisata di 6 Destinasi Pariwisata Prioritas, antara lain Danau Toba, Borobudur Yogyakarta Prambanan, Bromo Tengger Semeru, Lombok, Labuan Bajo, dan Wakatobi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)