Kerap Terlupakan, Brand Lokal Ini Dorong Peningkatan Kesadaran Masyarakat tentang Vitiligo

Selasa, 27 Juni 2023 - 16:26 WIB
loading...
Kerap Terlupakan, Brand Lokal Ini Dorong Peningkatan Kesadaran Masyarakat tentang Vitiligo
Komunitas Vitipower memperingati Hari Vitiligo Sedunia belum lama ini. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Hari Vitiligo Sedunia diperingati tiap tanggal 25 Juni. Hari ini diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kondisi kulit vitiligo yang langka dan seolah terlupakan.

Vitiligo sendiri merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan kehilangan pigmen pada kulit, yaitu melanosit, yang menyebabkan bintik-bintik putih meluas. Vitiligo termasuk kelainan auto-imun, dan tak cuma menyerang area permukaan kulit yang terlihat dari luar. Vitiligo juga bisa terjadi di area dalam seperti mulut, mata, dan rambut.

Sementara itu, peringatan Hari Vitiligo Sedunia biasanya digelar di kota yang berbeda setiap tahun. Pada tahun ini, Jakarta menjadi tuan rumah untuk peringatan yang digelar secara virtual.

Terkait Hari Vitiligo Sedunia, Glam Shine Cosmetic belum lama ini mengumumkan dukungannya kepada komunitas vitiligo.

Founder Glam Shine Shindy Samuel mengatakan, penting untuk membangun kesadaran dan pemahaman tentang vitiligo serta mendukung mereka yang hidup dengan kondisi tersebut.

"Sebagai bagian dari komitmen inklusivitas dan merangkul keberagaman, Glam Shine meluncurkan video kesadaran di media sosial dan platform digital untuk mengedukasi masyarakat tentang vitiligo," kata Shindy Samuel.

Pada kesempatan tersebut, Glam Shine turut mengundang Zsazsa dan Itang, founder komunitas Vitipower.

Menurut Shindy, Glam Shine berkomitmen mendukung acara dan kegiatan yang diselenggarakan oleh komunitas Vitipower dalam rangka memperingati Hari Vitiligo Sedunia.

"Glam Shine berharap, langkah-langkah yang kami lakukan ini akan membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang vitiligo, mendorong inklusivitas, serta dukungan kepada komunitas Vitipower dengan memberikan produk yang berkualitas, aman, dan efektif untuk semua jenis kulit," papar Shindy.

Sementara itu, Zsazsa dan Itang sangat bersyukur diberi kesempatan untuk menyuarakan hal-hal yang selama ini masih menjadi stigma negatif di masyarakat berkaitan dengan vitiligo.

“Semoga dengan adanya campaign ini semakin banyak orang yang aware tentang vitiligo dan membuka mata banyak orang bahwa vitiligo memiliki keunikan atau tipe kecantikan yang lain," ujar Zsazsa.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1969 seconds (0.1#10.140)