5 Tips Menghadapi Anak Kejang seperti yang Dialami Adzam Putra Nathalie Holscher

Senin, 03 Juli 2023 - 23:55 WIB
loading...
5 Tips Menghadapi Anak Kejang seperti yang Dialami Adzam Putra Nathalie Holscher
Dokter sekaligus TikTokers, dr Farhan Zubaedi mengaku banyak orang tua yang panik melihat anaknya kejang. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Nathalie Holscher baru-baru ini sempat dibuat panik karena sang anak, Adzam Adriansyah Sutisna mengalami kejang-kejang. Bahkan, ia mengungkap sang anak mengeluarkan busa di mulut dengan kondisi mata ke atas.

"Aku langsung lari masuk mobil ngebut ke rumah sakit," tulis Nathalie seperti dikutip dari Instagram @nathalieholscher, Senin (3/7/2023).

Seperti diketahui, kejang sendiri merupakan gejala yang banyak dialami oleh anak berusia 6 hingga 3 tahun. Hal itu terjadi karena kenaikan suhu tubuh secara drastis. Selain itu juga terjadi karena respon dari otak anak terhadap demam, dan biasanya terjadi di hari pertama demam.



Dokter sekaligus TikTokers, dr Farhan Zubaedi mengaku banyak orang tua yang panik melihat anaknya kejang. Untuk itu, dia memberikan beberapa langkah yang harus dilakukan ketika anak kejang. Berikut ulasannya.

5 Tips Menghadapi Anak Kejang

1. Tetap tenang dan jangan panik

Hal pertama yang harus dilakukan orang tua ketika anak kejang adalah jangan panik. Hal itu perlu agar bisa membantu anaknya yang lagi kejang.

2. Miringkan ke samping

Orang tua juga harus langsung memiringkan anaknya saat kejang. Memiringkan kepala saat anak mengalami kejang demam bertujuan untuk meminimalisir anak tersedak ludah atau muntahnya sendiri.

"Miringkan ke samping dan pastikan area di sekitarnya aman dan terhindar dari benda tajam yang dapat melukai. Jangan coba ditahan badannya biar nggak kejang. jadi biarkan saja (anak kejang)," tambahnya.

3. Jangan taruh benda apapun di mulut anak

Orang tua zaman dahulu menangani anak yang kejang dengan menaruh benda seperti sendok ke mulut. Hal itu dilakukan agar lidah tidak tergigit. Padahal cara itu salah.

Dokter Farhan mengatakan lebih baik tidak menaruh benda apapun ke dalam mulut anak. "Justru menaruh sesuatu ke mulut anak itu bisa buat anaknya tersedak. Atau malah merusak gigi dan mulut. jadi dibiarin aja nggak usah dikasih apapun ke dalam mulutnya," tuturnya.

4. Lihat durasi kejang

Jangan lupa para orang tua untuk memperhatikan durasi kejangnya. Misalnya dalam keadaan tertentu kejangnya bertahan 5 menit atau lebih, atau bahkan anak-anaknya sulit bernafas segera bawa ke IGD terdekat.

5. Jangan dimandikan

Dan yang terakhir jangan mandikan atau dikompres saat anak kejang. Biarkan saja sampai kejangnya selesai. Beberapa anak akan merasa bingung dan juga kelelahan dan beberapa bahkan akan tertidur, jadi biarkan saja anaknya tertidur sambil terus diawasi.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1073 seconds (0.1#10.140)