Papua Street Carnival Digelar 7 Juli 2023, Sandiaga Uno: Potensi Besar Ekraf

Selasa, 04 Juli 2023 - 16:28 WIB
loading...
Papua Street Carnival Digelar 7 Juli 2023, Sandiaga Uno: Potensi Besar Ekraf
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mendukung event Papua Street Carnival yang akan digelar pada 7 Juli 2023. Foto/Novie Fauziah/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendukung event Papua Street Carnival yang akan digelar pada 7 Juli 2023. Menurutnya acara tersebut sebagai perayaan bagi pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di seluruh wilayah Papua.

Sandiaga mengatakan, Papua Street Carnival merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura pada 21 Maret 2023.

Selain itu, Sandiaga melihat ada potensi yang besar di Papua dalam pengembangan ekonomi kreatif. Adanya dukungan perkembangan sektor tersebut, juga atas arahan Presiden Jokowi.

"Papua Street Carnival punya potensi besar dalam pengembangan ekraf. Akhirnya arahan Presiden Jokowi ini akan terealisasi," kata Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (3/7/2023).



"Kegiatan ini juga berkat kerja sama dan kolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub yang merupakan binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN)," sambungnya.

Event ini mengangkat tema “Papua Extravaganza (The East Great Spirit)” yang akan menampilkan parade ratusan busana karnaval dan melibatkan ribuan pengisi acara, ratusan pameran UMKM kreatif, ratusan perahu hias, dan ribuan pelaku ekonomi kreatif.

Sandiaga menyebut, Papua Street Carnival nantinya bisa menjadi agenda event tahunan dan bisa seperti Rio Street Carnival di Brazil atau Mardi Gras Festival di Amerika.

"Kalau di Indonesia mungkin mirip saudaranya yang ada di Jawa Timur, yaitu Jember Fashion Carnival," ujarnya.



Kemudian kegiatan ini juga melibatkan partisipasi aktif dari komunitas Papua Youth Creative Hub, seniman, perajin, pelaku industri kreatif Papua. Serta akan menampilkan pameran produk-produk kreatif lokal yang mencerminkan keahlian dan kreativitas warga Papua.

Event ini diharapkan Sandiaga, nantinya akan membuka peluang investasi di bidang ekonomi kreatif, memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta menjadi ajang promosi yang efektif untuk sektor pariwisata Papua kepada dunia.

“Kami berharap dapat menjadi pengungkit pariwisata dan geliat ekonomi kreatif di Indonesia, menerbitkan banyak seniman-seniman lokal yang berbakat, serta membawa nama baik Indonesia di nasional maupun internasional," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)