5 Manfaat Konsumsi Kunyit dan Lada Hitam Bagi Kesehatan, Nomor 3 Tak Disangka

Kamis, 06 Juli 2023 - 12:45 WIB
loading...
5 Manfaat Konsumsi Kunyit dan Lada Hitam Bagi Kesehatan, Nomor 3 Tak Disangka
Kunyit dan lada hitam. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Manfaat konsumsi kunyit dan lada hitam bagi kesehatan ternyata cukup banyak. Sebagai contoh, salah satunya adalah bisa mencegah kanker pada tubuh.

Secara umum, kunyit dan lada hitam dikenal sebagai bumbu rempah yang biasa ditemui di dapur. Pada banyak masakan, kedua bahan tersebut cukup populer dan hampir selalu digunakan.

Terlepas dari statusnya sebagai bumbu rempah yang melezatkan makanan, kunyit dan lada hitam ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Penasaran? Simak sederet khasiatnya berikut ini.

5 Manfaat Kunyit dan Lada Hitam bagi Kesehatan

1. Meredakan Peradangan

Pada kurun waktu yang lama, pengobatan tradisional India (Ayurveda) telah merekomendasikan kombinasi kunyit dan lada hitam. Bukan berkaitan dengan olahan makanan, namun untuk aspek kesehatan.



Mengutip NDTV, salah satu khasiat dari konsumsi kunyit dan lada hitam adalah mengobati peradangan. Diketahui, kedua rempah tersebut memiliki sifat antiinflamasi. Selain itu, kunyit sendiri juga kerap digunakan untuk mengobati radang sendi.

2. Membantu Pencernaan

Manfaat berikutnya adalah membantu pencernaan. Mengutip Healthline, kunyit telah banyak digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti kejang usus hingga perut kembung.

Sementara itu, kandungan piperine dalam lada hitam juga sudah terbukti meningkatkan enzim pencernaan di usus. Sehingga nantinya bisa membantu tubuh memproses makanan lebih cepat dan mudah.

Kemudian, kunyit dan piperine juga memiliki sifat antiinflamasi. Kandungan ini dapat membantu mengurangi peradangan pada usus yang nantinya bisa berefek ke pencernaan yang lancar.

3. Mencegah Kanker

Kandungan kurkumin pada kunyit juga bisa mencegah kanker. Sebuah studi pada tabung reaksi menunjukkan bahwa kandungan ini dapat menurunkan pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran kanker pada tingkat molekuler.

Sedangkan di sisi lada hitam, kandungan piperine juga berkontribusi dalam kematian sel kanker tertentu, sehingga bisa menurunkan risiko pembentukan tumor. Selain itu, sejumlah penelitian lain menunjukkan piperine dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

4. Kontrol Obesitas

Kombinasi kunyit dan lada hitam untuk ramuan jamu bisa menjadi dorongan bagus bagi metabolisme. Pertama, kandungan kurkumin pada kunyit bisa berinteraksi dengan sel pankreas, lemak, hati, serta sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, kandungan tersebut dapat menangani aktivitas lain seperti resistensi kekebalan.

Hal ini juga berlaku untuk rempah lain seperti lada hitam dan jahe. Mereka memiliki efek baik pada resistensi insulin dan penyimpanan lemak.

Selain mengurangi resistensi insulin dan peradangan, mereka bisa bekerja sama untuk membakar lemak berlebih.

5. Mengurangi Rasa Sakit

Kurkumin pada kunyit memiliki sifat antifinflamasi. Sebuah studi menunjukkan bahwa jenis rempah ini bisa mencegah dan mengobati radang sendi.

Sedangkan untuk lada hitam, kandungan piperine juga memiliki sifat antiinflamasi serta antirematik juga. Kandungan ini dapat membantu mengurangi kepekaan reseptor rasa sakit tertentu di tubuh.

Jika digabungkan, kombinasi kurkumin dan piperin akan cukup ampuh melawan peradangan, sehingga bisa mengurangi ketidaknyamanan tubuh saat nyeri.

Itulah sejumlah manfaat konsumsi kunyit dan lada hitam bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)