Layangkan Somasi Terkait Hak Cipta, Posan Tobing Larang Band Kotak Bawakan Lagu Ciptaannya

Sabtu, 08 Juli 2023 - 09:40 WIB
loading...
Layangkan Somasi Terkait Hak Cipta, Posan Tobing Larang Band Kotak Bawakan Lagu Ciptaannya
Eks personel Band Kotak, Posan Tobing. Foto/Tangkapan layar YouTube Akesn Entertainment
A A A
JAKARTA - Eks personel Band Kotak , Posan Tobing dan Julia Angelia alias Pare secara resmi melayangkan somasi terbuka kepada band yang kini digawangi Tantri (Vokal), Chua (Bass) dan Cella (Gitar). Tindakan itu terpaksa dilakukan karena terkait masalah hak cipta.

Posan mengatakan somasi dilakukan terhadap Band Kotak ini agar mereka tidak lagi membawakan lagu-lagu hasil ciptaannya.

"Saya baru ini mensomasi Kotak atas lagu-lagu ciptaan saya. Saya baru ini saya sama Julia Angel alias Pare (vokalis pertama Band Kotak) ini somasi terbuka," ujar Posan Tobing kepada awak media, Jumat (7/7/2023).

Posan mengakui bahwa tindakan tersebut sengaja ditempuh karena adanya desakan untuk menyelesaikan hak cipta atas lagu ciptaannya bersama Pare.

"Biar nggak rancu di luar sana banyak yang bilang ayo dong diselesaikan, ya udah ini mau nggak mau saya harus terbuka terkait lagu-lagu ini. Kami baru kali ini somasi terbuka terkait peneguran," jelas Posan.



Bahkan melalui kesempatan itu, Posan secara tegas mengatakan, ia bersama Pare menginginkan Band Kotak untuk tidak lagi membawakan lagu-lagu hasil ciptaannya bersama Pare.

"Saya dan Pare minta mereka tidak lagi membawakan lagu karya-karya kami. Baik itu yang ciptaan saya sendiri maupun bersama-sama," kata Posan.

Lebih lanjut, mantan drummer band Kotak ini mengaku sempat menerima nominal transferan terkait hak cipta dari Kotak. Namun ia menilai bahwa nominalnya tidak masuk akal.

Seperti diketahui lagu-lagu yang diciptakan Posan Tobing saat menjadi personel Band Kotak adalah Berbeda, Cinta Jangan Pergi, Kerabat Kotak, Ku Ingin Sendiri.

Sedangkan lagu-lagu ciptaan Julia Angelina adalah Sendiri, Saat Ku Jauh, Terbang, Phobia, Satu Cinta, Tentang Hidup, Ijinkan Aku, Terluka.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5004 seconds (0.1#10.140)