Sadinda Animal Lovers, Siapkan Kandang sebelum Kejutan Hewan Terlantar Datang

Minggu, 09 Juli 2023 - 19:09 WIB
loading...
Sadinda Animal Lovers, Siapkan Kandang sebelum Kejutan Hewan Terlantar Datang
Anggota komunitas Sadinda Animal Lovers berupaya selalu membawa kandang setiap kali bepergian karena kejutan adanya hewan terlantar tak pernah terduga. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sadinda Animal Lovers jadi salah satu dari banyaknya penyelamat hewan liar yang bergerak sukarela menolong hewan-hewan liar mendapatkan hidup yang lebih layak. Eksis sejak 2019, Sadinda Animal Lovers sudah menyelamatkan ribuan kucing dan anjing untuk diserahkan pada shelter penampungan hewan liar atau disalurkan pada pemilik-pemilik baru melalui adopsi (open adopt).

Sadinda Linda, sebagai founder Sadinda Animal Lovers, sejak awal bergerak sendirian dalam menyelamatkan kucing-kucing liar. Seiring waktu dan konsistensinya melakukan aksi rescue dan adopsi, Sadinda sudah berjaring dengan puluhan kawan yang memiliki semangat yang sama.

Dia mengaku memulai upaya penyelamatan kucing dan anjing liar tersebut dari lingkungan-lingkungan terdekat. ”Misalnya kalau aku, di pasar dekat rumah, ada tempat yang biasa dijadikan orang untuk membuang kucing-kucing liar. Di situ ada puluhan kucing liar. Itu kadang kami bawa semuanya. Pernah waktu itu total dalam sekali rescue sampai 70 kucing,” ujarnya.

Sadinda selalu siap dengan makanan dan kandang kemana pun dia pergi. Sehingga, saat bertemu
dengan kucing atau anjing yang perlu diselamatkan, Sadinda bisa langsung melakukan aksi penyelamatan.

Setiap kucing atau anjing yang berhasil diselamatkan, prosedur standarnya hewan akan langsung dibersihkan
serta diberikan obat cacing, selanjutnya akan diberi makan dan vitamin sesuai kebutuhan.

Sadinda Animal Lovers sendiri bermarkas di daerah Radio Dalam, Jakarta Selatan. Namun, home
base yang ada tak dapat menampung puluhan kucing sekaligus. Oleh karena itu, sebagian kucing mereka
serahkan ke shelter-shelter penampungan hewan liar yang lebih besar. Sebagian lagi, dirawat dan diunggah
di sosial media untuk menawarkan kepada orang yang berminat mengadopsi kucing atau anjing liar tersebut.

”Sejauh ini sudah banyak sekali kucing liar yang kami pertemukan dengan pemilik baru. Kami pun juga tidak sembarangan memberikan pada orang, kami akan berdiskusi dengan mereka, cari tahu komitmen
dan kemampuannya untuk mengadopsi. Kami mengharuskan adopter untuk menunjukkan KTP dan kami juga melakukan survey rumah calon adopter, untuk memastikan mereka punya tempat yang layak. Agar yakin, pemilik baru ini bisa bertanggung jawab,” urainya.

Sadinda Animal Lovers mengaku akan terus konsisten bergerak menyelamatkan kucing dan anjing liar yang masih banyak berkeliaran di luar sana. Sebagai pecinta hewan, mereka juga berharap orang lain
membagikan cinta yang sama pada hewan-hewan liar tersebut. ”Jika pun tidak bisa rescue, sekadar berbagi makanan akan sangat membantu mereka, dan minimal setidaknya jangan pernah menyakiti hewan-hewan liar tersebut,” tutupnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1016 seconds (0.1#10.140)