Benarkah Pare Menyebabkan Asam Urat dan Nyeri Sendi?

Jum'at, 14 Juli 2023 - 10:23 WIB
loading...
Benarkah Pare Menyebabkan Asam Urat dan Nyeri Sendi?
Sebagian orang percaya bahwa pare menyebabkan asam urat hingga nyeri sendi yang menyakitkan. Sayuran dengan rasa pahit ini bisa menurunkan kadar asam urat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Sebagian orang percaya bahwa pare menyebabkan asam urat hingga nyeri sendi yang menyakitkan. Namun faktanya, sayuran dengan rasa pahit ini justru bisa menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Dilansir dari India Tv, Jumat (14/7/2023) pare mengandung nutrisi seperti zat besi, magnesium, kalium dan vitamin C yang bisa menurunkan asam urat dalam darah. Bahkan pare adalah pembangkit tenaga nutrisi.

Pare juga memiliki kalsium, beta-karoten, dan kalium yang baik untuk kesehatan. Sementara itu, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa jus pare bisa menurunkan asam urat pada tikus.



Di sisi lain, pakar diet percaya bahwa konsumsi pare secara teratur dapat mengontrol gula darah. Manfaat pare lainnya adalah mengurangi risiko kanker, mengurangi kolesterol jahat, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi hati, mencegah penyakit kulit dan menangkal masalah perut.

Untuk mendapatkan lebih banyak manfaat pare, Anda bisa minum secangkir jusnya setiap hari di pagi hari. Meskipun itu adalah sayuran, sehingga jika memakannya dalam bentuk apa pun, maka tetap mendapatkan manfaat.

Anda juga bisa menyantap pare dengan berbagai macam olahan. Asam urat sendiri merupakan racun yang diproduksi di dalam tubuh, yang mudah disaring oleh ginjal dan dikeluarkan dari tubuh.



Tetapi ketika ginjal berhenti menyaring asam urat, maka levelnya mulai meningkat, menyebabkan banyak penyakit lainnya. Asam urat mulai menumpuk dalam bentuk kristal di persendian yang menyebabkan rasa sakit yang hebat.

Selain itu, asam urat juga meningkat karena gaya hidup yang buruk, berat badan yang meningkat pesat, diabetes, dan konsumsi alkohol yang berlebihan. Karena peningkatan asam urat dalam tubuh, rasa sakit yang tak tertahankan dimulai pada persendian.

Untuk mengurangi kadar asam urat dalam darah, dokter merekomendasikan perubahan pola makan dan gaya hidup. Salah satu obat yang efektif untuk asam urat dan nyeri sendi adalah pare.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3219 seconds (0.1#10.140)