Kemenparekraf Dorong Ponorogo Masuk ke UNESCO Creative Cities Network, Dimulai dari Pertunjukan Reog

Minggu, 16 Juli 2023 - 22:45 WIB
loading...
Kemenparekraf Dorong Ponorogo Masuk ke UNESCO Creative Cities Network, Dimulai dari Pertunjukan Reog
Reog sebagai produk ekonomi kreatif unggulan Ponorogo bukan saja diharapkan ajeg, tapi terus mendunia. Foto/Istimewa
A A A
PONOROGO - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat ini tengah mengupayakan Kabupaten Ponorogo dengan seni pertunjukan yang diunggulkan menjadi perwakilan Indonesia untuk masuk dalam nominasi "UNESCO Creative Cities Network” (UCCN) pada periode selanjutnya.

Sandiaga mengatakan, upaya ini berbekal dari potensi ekonomi kreatif yang dimiliki Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, yakni seni pertunjukan yang bisa menjadi penghela dari subsektor ekonomi kreatif lainnya.

"Pemerintah pusat sudah menetapkan Ponorogo sebagai kabupaten kreatif karena telah mengikuti proses uji petik tahun 2022 dan selangkah lagi berarti ini akan menuju ke UNESCO Creative Cities Network," ujar Sandiaga dalam acara Workshop KaTa Kreatif Ponorogo di Gedung PGRI Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (16/7/2023).

Menurut Sandiaga, dengan adanya upaya ini, maka akan semakin memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di Ponorogo.

Keikutsertaan Ponorogo dalam UCCN bukanlah sebuah kompetisi atau perlombaan. Melainkan sebagai media untuk berjejaring dan membangun komunitas dengan kota-kota sejenis di negara-negara lain di dunia.

Maka, Sandiaga berharap agar banyak manfaat yang diperoleh ketika sudah menjadi bagian dari UCCN.

"Mudah-mudahan tahun depan Ponorogo bisa kita usulkan. Diharapkan dengan ini kita bisa menciptakan peluang usaha agar ekonomi rakyat meningkat dan terbuka peluang usaha yang akan menciptakan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024," ungkapnya.

Direktur Infrastuktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Hariyanto menambahkan, setidaknya ada hal penting yang menjadi perhatian UNESCO agar Ponorogo bisa masuk ke dalam bagian UCCN. Salah satunya adanya garansi proses transmisi dan transisi.

"Proses edukasi harus terus dilakukan kepada anak-anak kita. Sehingga reog sebagai produk ekonomi kreatif unggulan Ponorogo bukan saja ajeg, tapi akan terus mendunia. Kami juga siap bersama-sama mendampingi, memfasilitasi agar reog semakin mendunia, semakin lestari," kata Hariyanto.

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyampaikan terima kasih kepada Kemenparekraf yang telah menetapkan Ponorogo sebagai Kabupaten/Kota Kreatif.

“Untuk itu ekosistemnya harus dipacu untuk diberikan solusi agar kemudian semuanya bisa menjadi pertumbuhan ekonomi yang luar biasa. Dan ini dimulai dari Reog Ponorogo," kata Sugiri.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1099 seconds (0.1#10.140)