5 Gejala Asam Urat Tinggi di Tumit dan Cara Mengobatinya

Senin, 17 Juli 2023 - 07:04 WIB
loading...
5 Gejala Asam Urat Tinggi di Tumit dan Cara Mengobatinya
Gejala asam urat tinggi di tumit penting untuk diketahui. Asam urat sering terjadi di jempol kaki, kondisi ini juga dapat terjadi di area lain, termasuk tumit. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gejala asam urat tinggi di tumit penting untuk diketahui. Meskipun rasa sakit asam urat paling sering terjadi di jempol kaki, kondisi ini juga dapat terjadi di area tubuh lain, termasuk tumit.

Gejala asam urat tinggi di tumit biasanya ditandai dengan munculnya rasa nyeri, bengkak, peradangan dan kemerahan. Biasanya rasa sakit yang muncul akan menyerang secara tiba-tiba dan intens.

Dilansir dari Health Line, Senin (17/7/2023) jika muncul gejala tersebut, segera temui dokter. Dokter kemudian akan melakukan serangkaian tes untuk memastikan asam urat atau menghilangkannya.

Adapun tes yang akan dilakukan di antaranya adalah tes darah, sinar x, USG, dan pemindai CT. Sementara itu, tidak ada obat asam urat untuk tumit.



Namun, tersedia pengobatan untuk membatasi serangan dan mengendalikan gejala yang menyakitkan. Jika dokter mendiagnosis asam urat, kemungkinan besar mereka akan menyarankan pengobatan dan perubahan gaya hidup tertentu berdasarkan tes dan kesehatan Anda saat ini.

Obat-obatan tertentu mengobati serangan asam urat. Lainnya mengurangi risiko potensi komplikasi asam urat. Untuk mengobati serangan asam urat dan mencegah kambuh, dokter akan merekomendasikan obat NSAID, colchicine, dan kortikosteroid.

Dokter mungkin merekomendasikan obat untuk membatasi komplikasi terkait asam urat, terutama jika serangan asam urat yang sangat menyakitkan, banyak serangan asam urat setiap tahun, kerusakan sendi akibat asam urat, tophi, penyakit ginjal kronis dan batu ginjal.

Selain minum obat, dokter akan merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk membantu mencegah serangan asam urat. Seperti halnya menghindari makanan tertentu yang dapat memicu serangan asam urat, mengurangi jumlah alkohol, menjaga berat badan yang sehat dan tetap terhidrasi.



Di sisi lain, asam urat sendiri merupakan jenis radang sendi yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam tubuh. Kelebihan asam urat ini dapat membentuk suatu zat yang disebut kristal urat.

Ketika kristal ini mempengaruhi persendian, seperti tumit, dapat menyebabkan gejala yang tiba-tiba dan parah.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5939 seconds (0.1#10.140)