7 Jenis Minuman yang Baik untuk Pengidap Asam Lambung, Aman dan Enak!

Senin, 17 Juli 2023 - 23:55 WIB
loading...
7 Jenis Minuman yang Baik untuk Pengidap Asam Lambung, Aman dan Enak!
Air kelapa hijau termasuk minuman yang baik untuk dikonsumsi para penderita asam lambung lantaran kaya akan mineral Potassium. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh jenis minuman yang baik untuk para pengidap asam lambung . Selain aman untuk dikonsumsi, ketujuh jenis minuman ini memiliki rasa yang enak.

Sebagian besar para penderita asam lambung membutuhkan minuman segar ketika asam lambungnya kambuh. Biasanya ketika kambuh perut akan terasa sakit, kembung hingga mual.

Ketujuh minuman yang baik untuk asam lambung ini dapat membantu meredakan lonjakan asam lambung dalam lambung.

Sehingga, penyakit asam lambung seperti maag juga tidak akan kambuh lagi. Berikut tujuh minuman yang baik dikonsumsi para penderita asam lambung:

7 Jenis Minuman yang Baik untuk Pengidap Asam Lambung

1. Yogurt

Pada dasarnya minuman berbahan dasar susu memang tidak direkomendasikan untuk para penderita asam lambung, kecuali yogurt. Hal ini dikarenakan pada susu terdapat protein dan mineral yang dapat memicu kenaikan asam lambung.



Yogurt dianggap baik untuk dikonsumsi lantaran mengandung probiotik atau bakteri baik untuk meningkatkan kesehatan usus. Bakteri baik tersebut dapat mencegah pertumbuhan dan menghambat bakteri yang dapat mengiritasi usus dan lambung.

2. Air Kelapa Hijau

Air kelapa hijau juga termasuk minuman yang baik untuk dikonsumsi para penderita asam lambung lantaran kaya akan mineral Potassium. Potassium sendiri dapat bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh yang mampu menyeimbankan kadar asam dalam lambung.

Khasiat air kelapa hijau juga lebih manjur dari pada air kelapa biasa. Sebab, air kelapa hijau memiliki senyawa fenol selain elektrolit yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan air kelapa pada umumnya.

3. Teh Jahe

Rempah seperti teh jahe juga ternyata memiliki khasiat yang ampuh untuk para penderita asam lambung. Diketahui, jahe dapat membantu mengurangi banyak gejala, seperti refluks asam, kembung, dispepsia.

Minuman herbal seperti teh jahe juga dapat membantu memberikan sensasi hangat dan efektif untuk mengatasi rasa sakit pada lambung. Apabila rasa sakit asam lambung kambuh, Anda bisa meminum teh jahe dengan campuran madu.

4. Jus Buah

Untuk menurunkan asam lambung, jus buah juga bisa menurunkan asam yang ada dalam lambung serta bisa mencegah lonjakan refluks asam. Beberapa buah yang aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung diantaranya seperti pisang, pepaya, semangka dan pir.

5. Susu Nabati

Susu dengan bahan kacang atau biji seperti susu kedelai, oat milk dan susu nabati lainnya juga bisa menjadi pilihan paling efektif sebagai minuman untuk para penderita asam lambung.

Pasalnya, dalam susu nabati terdapat kandungan basa. Kandungan tersebut dapat menetralkan asam lambung ketika Anda meminumnya.

6. Air Putih Hangat

Jika tidak memiliki bahan minuman yang mempunyai rasa, air hangat juga baik untuk dikonsumsi para penderita asam lambung. Air putih hangat dapat mengurangi gejala refluks asam. Lebih dari itu, air hangat juga mengandung pH yang sudah termodifikasi, sehingga dapat menetralkan asam pada lambung.

7. Susu Rendah Lemak

Penderita asam lambung juga ada baiknya mengkonsumsi susu skim. Jenis susu tersebut masuk dalam jenis minuman yang dapat menurunkan asam lambung karena mengandung rendah lemak. Lain hal nya dengan susu sapi yang sulit dicerna lambung dan bisa menyebabkan gejala asam lambung semakin memburuk.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)