Perbedaan Gerd, Maag, dan Asam lambung, Serupa tapi Tak Sama

Rabu, 19 Juli 2023 - 11:06 WIB
loading...
Perbedaan Gerd, Maag, dan Asam lambung, Serupa tapi Tak Sama
Gerd, maag dan asam lambung merupakan penyakit yang serupa ternyata tak sama. Dialami sebagian orang, Namun tidak banyak yang mengetahui perbedaan ketiganya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Gerd , maag dan asam lambung merupakan penyakit yang serupa namun ternyata tak sama. Meski kerap dialami oleh hampir sebagian besar orang, namun tidak banyak yang mengetahui perbedaan antara ketiganya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/7/2023), secara umum maag dan asam lambung merupakan kondisi yang menandakan ada masalah di lambung. Sementara Gerd adalah kondisi yang lebih serius.

Penyakit maag sendiri merupakan kumpulan gejala yang menimbulkan rasa tidak nyaman di perut bagian atas atau dada. Biasanya sensasi ini muncul setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Maag bisa terjadi ketika volume pelindung lambung berupa lapisan lendir tebal mengalami penurunan. Sehingga asam pencernaan menggerogoti jaringan yang melapisi perut.



Sementara itu, penyakit asam lambung merupakan kondisi ketika asam yang diproduksi oleh lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini menyebabkan rasa tidak nyaman seperti dada yang sakit sampai mulas.

Terjadinya maag umumnya disebabkan karena lapisan perut yang mengalami perlukaan dan kondisi ini bisa diperburuk dengan asam lambung. Sehingga bisa dibilang penyebab utama bukan asam lambung.

Kondisi berbeda dengan penyakit asam lambung yang memang disebabkan karena asam lambung itu sendiri. Ketika asam lambung keluar dari perut dan masuk ke kerongkongan.

Meski begitu, baik maag dan asam lambung merupakan dua kondisi yang bisa menyebabkan komplikasi parah tanpa perawatan yang tepat. Gerd merupakan kondisi ketika asam lambung naik dari perut menuju kerongkongan (refluks asam), yang disebabkan oleh katup yang melemah di bagian bawah kerongkongan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2295 seconds (0.1#10.140)