Apa Itu Gula Darah Sewaktu? Ini Penjelasan Lengkapnya

Kamis, 20 Juli 2023 - 10:50 WIB
loading...
Apa Itu Gula Darah Sewaktu? Ini Penjelasan Lengkapnya
Prosedur pemeriksaan gula darah sewaktu dilakukan kapan dan dan dimana saja. Foto/Ilustrasi/Prevention
A A A
JAKARTA - Apa itu gula darah sewaktu? Pertanyaan itu sering ditanyakan, terutama bagi mereka yang merasakan gangguan kesehatan akibat pola hidup kurang sehat kemudian mencoba melakukan pemeriksaan ke dokter.

Mengetahui kadar gula darah penting untuk mengetahui lebih lanjut kondisi kesehatan seseorang. Oleh sebab itulah pemeriksaan gula darah perlu dilakukan.

Melansir dari laman siloam hospital, pemeriksaan gula darah ini dapat membantu diagnosis diabetes, monitoring efek obat antidiabetes, mengetahui pengaruh pola makan terhadap kadar gula darah, dan lain-lain.

Nah, salah satu tes gula darah yang bisa dilakukan adalah Gula Darah Sewaktu. Ya, gula darah sewaktu ini merupakan satu dari beberapa prosedur pemeriksaan gula darah.


Apakah Itu Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu?

Prosedur pemeriksaan gula darah sewaktu dilakukan kapan dan dan dimana saja. Artinya, seseorang tak perlu puasa terlebih dahulu atau memikirkan waktu terakhir kali makan.

Menurut laman resmi Siloam Hospital, pemeriksaan gula darah sewaktu umumnya dilakukan demi mengetahui kadar gula darah seseorang yang punya gejala awal diabetes. Gejala tersebut meliputi kerap merasa haus dan lapar, sering buang air kecil, dan berat badan menurun tapi tak diketahui penyebabnya.

Pemeriksaan gula darah sewaktu kerap dilakukan para penderita diabetes untuk memantau kadar glukosa mereka.

Kekurangan dan Kelebihan Pemeriksaan Gula Darah Sewaktu

Pemeriksaan gula darah sewaktu punya kelebihan seperti praktis dan mampu menunjukan hasil dalam waktu yang terbilang lebih cepat, Tapi meskipun begitu, tes gula darah satu ini ternyata memiliki kekurangan.

Pertama, pemeriksaan gula darah sewaktu dipengaruhi banyak hal, misalnya saja jenis makanan yang disantap seseorang. Imbasnya, hasil yang keluar berpotensi kurang sensitif.

Kekurangan selanjutnya, tes gula darah sewaktu pun butuh menusukkan jarum ke jari untuk mengambil darah. Bagi yang belum terbiasa, rasa sakit dan tidak nyaman pun timbul.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)
pixels