alexametrics

Maudy Ayunda Sempat Grogi Bawakan Soundtrack Film Moana

loading...
Maudy Ayunda Sempat Grogi Bawakan Soundtrack Film Moana
Maudy Ayunda Sempat Grogi Bawakan Soundtrack Film Moana. (SINDOnews.Diandra Caesarlita).
A+ A-
JAKARTA - Mulai tanggal 25 November 2016 mendatang film animasi Disney princess terbaru, Moana akan tayang di seluruh bioskop di Indonesia. Salah satu penyanyi cantik dan berbakat Indonesia Maudy Ayunda mendapatkan kehormatan untuk menyanyikan soundtrack lagu film tersebut dalam bahasa Indonesia yang berjudul Sebrapa Jauh Ku Melangkah.

Moana bercerita tentang kisah petualangan gadis Polinesia berusia 16 tahun yang berjuang mengarungi lautan demi menyelamatkan Motunui, desa tempat ia tinggal. Dalam sebuah wawancara eksklusif dengan Sindonews, Maudy bercerita tentang pengalaman yang ia dapatkan saat menjalani proyek ini. Berikut petikannya.

Moana ini kan ceritanya tentang anak remaja yang di satu sisi dilarang oleh ayahnya, tapi dia dapat ‘panggilan’ untuk menyelamatkan desanya. Maudy punya pengalaman yang serupa? Cara menyelesaikannya gimana?
Sempat waktu pertama aku ingin pergi kuliah ke luar negeri. Awalnya mamaku takut 'ngirim' anak perempuannya dan ada pressure dari keluarga juga, 'nanti kalau terjadi apa-apa gimana?'. Padahal kan aku ingin banget. Jadi sempat jadi konflik juga. Cara aku handle-nya ya aku nurutin. Jadi akhirnya, keterimanya aku di Oxford pada saat itu aku pending dulu setahun, dan aku disini dulu untuk meyakinkan orang tua aku, terus proses pendewasaan juga. Lebih ke give them time aja sih. Mereka perlu waktu untuk mengerti bahwa anaknya sudah dewasa, perlu hidup sendiri, dan itu memang berat buat orang tua.



Untuk rekaman lagu ini prosesnya berapa lama dan dimana? Ada kekhawatiran?
Rekaman di Jakarta, sekitar lima sampai enam jam lah. Awalnya proses brainstorming dulu, macam-macam. Rekamannya sendiri mungkin tiga setengah sampai empat jam ya terus langsung jadi hari itu juga. Aku sudah tahu akan ketemu representatif Disney tapi belum dikasih tahu lagunya seperti apa jadi emang deg-degan sih, 'aduh aku nanti bagus ga ya?' sementara ini Disney kan. Tapi memang semuanya asik banget, jadi akhirnya ngerasa nyaman, ya udah fokus lagi.

Kan belum tahu lagunya dan filmnya, caranya mendalami lagu ini gimana?
Aku lebih ke ingat-ingat zaman dulu kali ya. Waktu aku main teater musikal, aku sempat jadi (princess) Jasmine. Aku suka lagu A Whole News World. Lagu Disney itu mengingatkan aku bagaimana kita bukan cuma menyanyi, tapi story telling juga, dan itu dua hal yang sangat berbeda. Dan lagu Moana ini di dalam satu lagu ada beberapa mood, kayak tiba-tiba berharap, tiba-tiba senang, jadi aku lebih melatih mindset supaya nggak stuck di mindset seperti biasanya.

Kalau menangkap melodi dan membangun emosinya gimana?
Untuk menangkap melodi lebih cepat aku dengerin melodi aslinya baru diubah pakai bahasa Indonesia. Tapi terbantu, daripada nggak sama sekali. Karena kalau lagu versi aslinya, emosinya kan mengikuti Moana-nya, tapi aku kan belum nonton filmnya, jadi belum bisa membangun emosi yang sama. Tapi untuk dalamin karakternya aku juga dibantu vocal director kan jadi dia kasih tahu aku. Itu membantu sih.

Lagu ini diterjemahkan ke berapa bahasa? Menurut Maudy, gimana sih pandangan pihak Disney ke Indonesia?
Soundtracknya ke bahasa Vietnam, Filipina, Malaysia, Thailand, Indonesia. Semua penyanyi sama penyanyi aslinya kemarin itu kita datang ke Singapura, terus kita nyanyi bersama. Mereka (Disney) memang melihat ada potensi, karena populasi Southeast Asia besar, talentnya banyak, dan mereka merasa sedih kalau misalnya Disney dengan ceritanya yang sangat inspiratif, unik, lucu, nggak bisa sampai ke audience yang banyak hanya karena kendala bahasa atau lagu.

Mereka ingin merangkul sebenarnya. Mereka bilang kalau Indonesia selalu jadi tempat yang membuat mereka interested. Karena sosial media kita kuat, viewers sosial media kita tuh besar banget, terus dari omongan, orang kita juga kepo, saya pun termasuk orang kepo hahaha.

Sejauh ini gimana komentar pihak Disney atau audience tentang lagu Moana yang kamu nyanyiin ini?
Mudah-mudahan mereka nggak menyesal. Yang main Moana sih komentar, "you did so well". Aku sebenarnya selalu takut bawain lagu translate, apakah pesannya akan sampai? Jadi yang sebenarnya aku pikirin itu respon orang Indonesia sih, tapi Alhamdulillah kemarin rilis di YouTube, Spotify, dan yang lain sih cukup memuaskan. Belum ada yang mengutarakan kekecewaan yang gimana gitu sih, jadi support aja.

Sudah merasa puas dengan mendapat kesempatan ini?
Puasnya karena sesuatu yang baru sih bukan karena suatu penghargaan, walaupun nggak pernah bermaksud go international, tapi ini bentuk apresiasi menurut aku. Bukan cuma just another single, just another song, tapi aku jadi bagian dari sesuatu yang orang denger, dan lagunya beda aja. Dan kartun Disney kan agak broadway ya dan menurut aku scene teater di Indonesia belum sebesar di luar. Aku seneng bisa memberikan sesuatu ke penggemar.

Maudy sendiri suka sama Disney princess? Moana itu seperti apa sih?
Aku suka princess, cuma nggak yang suka banget gitu. Tapi aku nggak ingin jadi princess. It's so refreshing juga si Moana ini. Dia nggak princess banget, kalau dilihat dia itu punya masalah di dalam (dirinya). I can really relate to her pain. Walaupun objek yang saya inginkan berbeda (dengan Moana).
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak