Ini Cara Mudah Memahami Minat dan Bakat Anak

Selasa, 28 Juli 2020 - 17:00 WIB
loading...
Ini Cara Mudah Memahami Minat dan Bakat Anak
Peran bimbingan konseling (BK) dalam dunia pendidikan tidak bisa dipandang sebelah mata. Guru BK mendampingi siswa belajar untuk mencapai kecerdasan dan kedewasaan. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Peran bimbingan konseling (BK) dalam dunia pendidikan tidak bisa dipandang sebelah mata. Berbeda dengan guru mata pelajaran yang kerap menjadi pusat dalam proses belajar mengajar di kelas, guru BK lebih berperan sebagai pendukung keberhasilan proses belajar siswa. Guru BK mendampingi siswa belajar untuk mencapai kecerdasan dan kedewasaan.

Dalam pengaplikasiannya, guru BK memberikan layanan bimbingan dan konseling yang penting bagi para siswa saat menemui kendala dalam proses belajar. Untuk itu, idealnya seorang guru BK harus mampu memahami dengan baik pribadi, karakter, kekurangan, serta kelebihan dari para siswanya.

Pemahaman serupa juga harus dimiliki guru BK dalam memberikan arahan kepada siswa perihal minat bakat dan jurusan. Pasalnya pemilihan sekolah dan jurusan merupakan hal yang sangat penting terutama dalam menentukan karier dan masa depan. Hal tersebut harus ditentukan sejak anak di bangku SMP dan SMA.

Namun sayangnya para guru BK seringkali terbentur oleh kendala waktu dan keterbatasan sarana serta prasarana dalam melakukan tes minat bakat kepada para siswa satu per-satu. Belum lagi untuk setiap tes yang dilakukan hasilnya pun memerlukan waktu tersendiri. (Baca juga: Rilis Abum, BLACKPINK Berkolaborasi dengan Selena Gomez? ).

PT Aku Pintar Indonesia, melalui aplikasi Aku Pintar Guru (APG) menjawab kebutuhan para guru, khususnya guru BK. APG mempermudah proses pembelajaran dalam memahami kebutuhan masing-masing siswa berdasarkan hasil tes minat dan bakat dari fitur Minat Pintar di aplikasi Aku Pintar bagi siswa.

APG diperuntukkan bagi semua guru termasuk guru les dan kursus, namun dalam tahap edukasi ini, pengenalan pertama kali dilakukan kepada guru BK. Aku Pintar menggandeng Forum Rumah Guru BK (RGBK) memperkenalkan Program Guru BK Pintar yang diawali dengan Pelatihan Pemanfaatan APG untuk Guru BK se-Indonesia di Juli 2020.

RGBK merupakan sebuah media komunikasi para guru BK dan pemerhati pendidikan terhadap permasalahan pendidikan secara umum dan aspek tumbuh kembang anak pada khususnya.

Selain itu, beberapa materi dalam pelatihan ini meliputi Konsep Assesment Bakat Minat dalam Layanan BK, Metode Analisa Bakat Minat DISC, RIASEC, dan Multiple Intelligence yang merupakan metode analisa yang digunakan di Aku Pintar, Penggunaan Aplikasi Aku Pintar bagi siswa dan APG, Simulasi Penggunaan dan Simulasi atau Praktik Lapangan Penggunaan Aplikasi APG.

“Setiap pelajar itu spesial karena memiliki karakter dan potensinya masing-masing, sehingga guru diharapkan mampu memahami karakter masing-masing siswanya. APG membantu mengefektifkan aktivitas pembelajaran dengan memberikan gambaran karakter, potensi, minat bakat dari masing-masing pelajar agar guru dapat menyampaikan saran bagi siswa untuk dapat mencapai kariernya secara tepat di masa depan," ujar Yusandi Rezki Fadhil, konselor psikologi melalui keterangan resmi yang diterima SINDOnews, Selasa (28/7/2020).

Berbekal kerja sama ini, Aku Pintar berniat mengulang program serupa bersama Rumah Guru BK dengan jangkauan yang lebih luas. Harapannya, transfer pengetahuan mengenai Aku Pintar Guru ini akan terus dapat dilakukan secara merata kepada guru-guru BK lainnya di seluruh Indonesia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1538 seconds (0.1#10.140)