Sejarah Lengkap Kaum Ad Bangsa Raksasa yang Dipercaya Pembuat Piramida

Senin, 24 Juli 2023 - 16:06 WIB
loading...
Sejarah Lengkap Kaum Ad Bangsa Raksasa yang Dipercaya Pembuat Piramida
Kaum Ad Dipercaya adalah bangsa raksasa yang membangun Piramida. FOTO/ DOK/ UNSOLVED
A A A
KAIRO - Kaum Ad adalah salah satu kaum yang disebutkan dalam Al Qur’an dan dipercaya arkeolog mesir raksasa yang membuat Pramida. Mereka termasuk dalam suku kuno yang pernah mendiami wilayah Yaman.



Kaum ad adalah manusia raksasa yang memiliki tubuh yang kuat dan besar serta hidup dengan kaya. Mereka menyembah berhala sehingga Allah mengutus seorang Nabi bernama Hud untuk mengajak mereka kembali beriman.

Pengingkaran Kaum Ad terhadap kenabian Hud mengakibatkan pemusnahan Kaum Ad melalui bencana berupa kekeringan dan topan.

Nama kaum Ad di ambil dari nama salah seorang leluhur mereka yang bernama `Ad. Silsilahnya menurut para ulama adalah Ad bin Us/Aush bin Aram/Iram bin Sem/Sam bin Nuh. Dalam sejarah, terdapat dua kaum Ad yaitu kaum Ad awal atau pertama dan kaum Ad akhir atau kedua.

Kaum Ad awal adalah pengganti umat Nabi Nuh dan merupakan kaum pertama yang menyembah berhala setelah banjir besar.

Mereka menyembah berhala bernama Shamad, Shamud, dan Huran. Kaum Ad kedua ada setelah kaum Ad awal hancur.

Nabi Hud di utus pada kaum Ad awal. Kaum Ad kedua berasal dari Qahthan dan Saba’ di wilayah Yaman. Beberapa pendapat sejarawan mengatakan bahwa kaum Ad kedua adalah kaum Tsamud.

“Dan sesungguhnya Dialah yang telah membinasakan kaum Ad awal.” An-Najm (53): 50

Dalam riwayat tentang utusan kaum Ad yang pergi ke Makkah, terdapat beberapa pendapat. Muhammad bin Ishaq berpendapat bahwa mereka adalah kaum Ad yang sama dengan kaum yang di dakwahi Nabi Hud.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4035 seconds (0.1#10.140)