Rahasia Penggunaan Vitamin C untuk Wajah, Seberapa Sering Frekuensi Idealnya?

Selasa, 25 Juli 2023 - 06:30 WIB
loading...
Rahasia Penggunaan Vitamin C untuk Wajah, Seberapa Sering Frekuensi Idealnya?
Vitamin C dikenal sebagai salah satu bahan aktif yang efektif dalam perawatan kulit. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Vitamin C dikenal sebagai salah satu bahan aktif yang efektif dalam perawatan kulit. Antioksidan yang kuat ini tak hanya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, tapi juga memiliki kemampuan untuk mencerahkan, mengurangi garis halus, dan meningkatkan tekstur kulit.

Penting untuk memperhatikan penggunaan vitamin C dengan benar demi memaksimalkan manfaatnya dan mencapai hasil terbaik untuk kulit.

Inilah rahasia penggunaan vitamin C untuk wajah dan seberapa sering harus menggunakannya.

Manfaat Vitamin C untuk Kulit

Sebelum kita membahas frekuensi penggunaannya, mari kita kenali manfaat luar biasa yang ditawarkan vitamin C untuk kulit.


1. Mencerahkan Kulit

Vitamin C membantu mengurangi produksi melanin yang menyebabkan hiperpigmentasi sehingga membantu mencerahkan bintik hitam dan noda pada kulit.

2. Merangsang Kolagen

Vitamin C meningkatkan produksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas kulit. Dengan demikian vitamin c bisa membantu mengurangi garis halus dan kerutan.

3. Perlindungan dari Radikal Bebas

Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini.

4. Mengurangi Peradangan

Sifat antiinflamasi vitamin C membantu meredakan kemerahan dan peradangan pada kulit.

Penggunaan Vitamin C yang Tepat

1. Pilih Produk yang Stabil

Pastikan untuk memilih produk vitamin c yang stabil dan memiliki kemasan kedap udara. Vitamin C cenderung tidak stabil dan bisa teroksidasi jika terpapar udara serta cahaya terlalu lama.


2. Cara Aplikasi

Gunakan beberapa tetes serum atau krim vitamin C setelah membersihkan wajah pada pagi hari. Hindari menggunakannya bersamaan dengan produk berbahan aktif seperti retinol untuk menghindari iritasi kulit.

3. Tes Kulit Terlebih Dulu

Sebelum menggunakan vitamin C dalam jumlah penuh, lakukan tes kulit terlebih dulu pada area kecil untuk memastikan tidak ada reaksi alergi atau iritasi.

4. Konsentrasi yang Tepat

Untuk pemula, mulailah dengan konsentrasi rendah (sekitar 10% atau 15%) dan secara perlahan tingkatkan sesuai dengan toleransi kulit Anda.

Seberapa sering menggunakan vitamin C tergantung pada jenis kulit dan produk yang Anda gunakan. Secara umum, gunakan vitamin C satu kali sehari pada pagi hari. Jika kulit lebih sensitif, bisa mulai dengan penggunaan tiap dua hari sekali dan kemudian meningkatkannya secara bertahap hingga setiap hari.

Konsistensi adalah kunci untuk melihat hasil yang optimal. Penggunaan vitamin C secara teratur dan rutin akan membantu kulit mendapatkan manfaat maksimal dari antioksidan satu ini. MG/Mutia Talitha Ramadhani
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)