Podcast Aksi Nyata: Mengenal Peran dan Pentingnya Sound Engineer dalam Industri Kreatif

Selasa, 25 Juli 2023 - 20:55 WIB
loading...
Podcast Aksi Nyata: Mengenal Peran dan Pentingnya Sound Engineer dalam Industri Kreatif
Sound Engineer MNC Radio Network Muhammad Nur Fajriansyah di Podcast Aksi Nyata, Selasa (25/7/2023). Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Audio atau sound engineering di industri musik merupakan hal yang penting dalam kesuksesan sebuah konser. Hal itu juga disampaikan oleh Sound Engineer MNC Radio Network Muhammad Nur Fajriansyah.

Dia mengatakan meskipun kerjaan sound engineering tidak terlihat, namun perannya sangat penting untuk menghasilkan suara yang bagus.

“Sound Engineering itu kayak jantungnya sebuah konser. Ya bertanggung jawab buat bikin suara yang disampaikan ke audience terasa nyaman,” ujar Fajriansyah seperti dikutip dari Podcast Aksi Nyata Bertajuk ‘Mengenal Profesi Sound Engineer dan Perannya di Industri Kreatif’, Selasa (25/7/2023).

Sound engineering mengacu pada audio, termasuk elektronik, akustik, psychoacoustics, dan musik. Seorang audio engineer mahir dengan berbagai jenis media perekaman, seperti tape analog, multitrack recorder, digital audio workstation, dan pengetahuan komputer.



Seorang Audio engineer mahir dengan berbagai jenis media perekaman, seperti tape analog, multitrack recorder, digital audio workstation, dan pengetahuan komputer.

Banyak yang mengatakan kalau sound engineering tak hanya bekerja di konser musik saja, tapi juga industri kreatif. Menurut Fajriansyah, orang yang bekerja di industri kreatif itu namanya audio production.

“Jadi sebenarnya keduanya merupakan profesi yang berbeda. Tapi saat ini pekerjaan kita dituntut untuk bisa semuanya,” pungkas Fajransyah.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)