4 Ciri-ciri Diabetes Akut, Nomor 3 Kerap Disepelekan

Selasa, 25 Juli 2023 - 23:55 WIB
loading...
4 Ciri-ciri Diabetes Akut, Nomor 3 Kerap Disepelekan
Ciri-ciri diabetes akut wajib diketahui dan diwaspadai setiap orang, terutama yang sudah memiliki kadar gula darah tinggi.Foto/Ilustrasi/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ciri-ciri diabetes akut wajib diketahui dan diwaspadai. Sebab, jika gangguan kesehatan akibat pola hidup kurang sehat tersebut dapat berakibat fatal.

Seperti diketahui, diabetes merupakan salah satu penyakit mematikan. Bagaimana tidak, kondisi yang sering dikatakan sebagai induk penyakit ini bisa menyebabkan banyak komplikasi penyakit yang berujung pada kematian.

Diabetes sendiri adalah kondisi kesehatan kronis yang memengaruhi cara tubuh Anda mengubah makanan menjadi energi.

Tubuh Anda memecah sebagian besar makanan yang Anda makan menjadi gula (glukosa) dan melepaskannya ke aliran darah Anda. Ketika gula darah Anda naik, itu memberi sinyal pada pankreas Anda untuk melepaskan insulin.

Penyebab diabetes pun beragam. Selain faktor genetik, gaya hidup yang tak sehat juga menjadi penyebab terjadinya diabetes.



Penderita diabetes pun biasanya mengalami gejala pada tubuh penderitanya. Namun, ada pula yang sudah akut dan ditandai dengan ciri-ciri di bawah ini.

4 Ciri-ciri Diabetes Akut

1. Muntah

Pertama ialah muntah. Dilansir Cleveland Clinic, seseorang dengan kondisi diabetes tipe 1 bisa mengalami muntah-muntah akibat kondisinya yang cukup parah. Kondisi itu merupakan tanda komplikasi parah yang disebut ketoasidosis terkait diabetes.

2. Sakit Perut

Kemudian sakit perut atau rasa tak nyaman pada perut Anda. Kondisi itu terjadi karena Gastropati yang merupakan kondisi komplikasi dari diabetes.

Komplikasi tersebut biasanya akan membuat perut terasa kembung dan sakit. Biasanya, kondisi itu terjadi pada pasien diabetes melitus.

3. Napas Bau

Napas bau juga bisa menjadi tanda diabetes kronis. Hal itu disebabkan dari gangguan insulin pada penderita diabetes. Kondisi ini kerap disepelekan.

Dilansir Diabetes UK, pada penderita diabetes, kadar gula darah yang tinggi meningkatkan kadar glukosa dalam air liur. Ini menyediakan makanan untuk bakteri di mulut dan menyebabkan penumpukan plak gigi.

4. Sesak Napas

Satu lagi ciri-ciri diabates akut ialah sesak napas. Dilansir Very Well Health, Orang yang menderita diabetes mungkin merasa sesak napas karena glukosa darah yang tinggi, yang disebut hiperglikemia, atau terlalu sedikit glukosa, yang disebut hipoglikemia.

Mirip dengan ketoasidosis, terlalu banyak atau terlalu sedikit glukosa dapat memengaruhi fungsi paru-paru dan pernapasan.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1314 seconds (0.1#10.140)