Profil Sinead O'Connor, Musisi Berpengaruh di Irlandia yang Memutuskan Jadi Mualaf

Kamis, 27 Juli 2023 - 07:54 WIB
loading...
Profil Sinead OConnor, Musisi Berpengaruh di Irlandia yang Memutuskan Jadi Mualaf
Penyanyi sekaligus aktivis asal Irlandia, Sinead OConnor meninggal dunia di usia 56 tahun pada Rabu, (26/7/2023) waktu setempat. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Penyanyi sekaligus aktivis asal Irlandia, Sinead O'Connor meninggal dunia di usia 56 tahun pada Rabu, (26/7/2023) waktu setempat. Kabar ini diumumkan oleh keluarganya yang merasa begitu terpukul dengan kepergiannya.

Kepergian O'Connor menyisakan duka mendalam bukan hanya bagi keluarga dan orang terdekat melainkan publik Irlandia. Bahkan PM Irlandia Leo Varadkar mengatakan musiknya sangat dicintai di seluruh dunia dan bakatnya tak tertandingi.

Sementara itu, Presiden Irlandia Michael D Higgins memuji keaslian O'Connor serta suaranya yang indah dan unik.

"Apa yang telah hilang dari Irlandia pada usia yang relatif muda adalah salah satu komposer, penulis lagu, dan pemain kami yang terhebat dan paling berbakat dalam beberapa dekade terakhir, seseorang yang memiliki bakat unik dan hubungan luar biasa dengan pendengarnya, yang semuanya memiliki cinta dan kehangatan yang begitu besar untuknya," katanya.

Lantas seperti apa sepak terjang Sinead O'Connor semasa hidupnya? Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Profil Sinead O'Connor

Pemilik nama lengkap Sinead Marie Bernadette O'Connor lahir di Dublin, Irlandia pada 8 Desember 1966. Saat ia berusia 13 tahun, ayahnya meninggalkan ibunya.



Sinead O'Connor kemudian tinggal bersama ayahnya yang menikah dan tinggal di Virginia, Amerika Serikat selama tiga tahun. Saat remaja, tepatnya di usia 15 tahun,ia sempat ditangkap karena mengutil dan membolos. Hal ini membuatnya ditempatkan selama 18 bulan di rumah sakit jiwa Magdalena yang disebut Pusat Pelatihan Grianán, dan dijalankan Ordo Our Lady of Charity.

Di tempat itu, O'Connor mulai belajar bermusik meski diakuinya dalam beberapa hal sangat terganggu dengan aturan panti. Penyebabnya, murid-murid yang nakal diinapkan di panti jompo yang bersebelahan dengan rumah sakit.

Penghargaan

Ia memulai debut album berjudul The Lion and the Cobra yang dirilis pada 1987. O'Connor baru mencetak hit global tiga tahun kemudian setelah merilis album keduanya, I Do Not Want What I Haven't Got yang mencapai rekor penjualan 7 juta copy di seluruh dunia.

Cetak hit global itu berkat salah satu lagunya yang berjudul 'Nothing Compares 2 U' yang diciptakan musisi, Prince. Berkat lagu ini, ia dinobatkan nomor satu single di seluruh dunia pada Billboard Music Awards, pada 1990.

Suaranya yang unik dengan cengkok seksi membuatnya meraih empat nominasi Grammy Awards saat itu. Sayangnya, ia memilih tidak datang.

Aksi Protes

Tak hanya dikenal sebagai musisi, ia juga merupakan sosok aktivisi kontroversial yang berani. Sinead O'Connor pada 3 Oktober 1992 sempat menuai perhatian kala aksinya saat tampil di Saturday Night Live. Ia menjadi bintang tamu dan menyanyi lagu 'War' milik Bob Marley versi acapella.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)