Aktor Bollywood Irffan Khan Meninggal Dunia dalam Usia 53 Tahun

Rabu, 29 April 2020 - 16:53 WIB
loading...
Aktor Bollywood Irffan Khan Meninggal Dunia dalam Usia 53 Tahun
Aktor asal Bollywood, Irffan Khan, meninggal dunia dalam usia 53 tahun, Rabu (29/4). Dia dikenal lewat film laris seperti Life of Pie dan Slumdog Millionaire. (Al Jazeera)
A A A
Aktor asal Bollywood, Irffan Khan, meninggal dunia dalam usia 53 tahun, Rabu (29/4/20). Irffan dikenal tak hanya di Bollywood, tapi juga Hollywood, lewat film Life of Pi, Slumdog Millionaire dan Jurassic World.

Kabar meninggalnya Irffan ini dikonfirmasi langsung perwakilannya. Belum diketahui pasti penyebab kematian Irffan, tapi, pada Maret 2018, aktor itu mengatakan, dia didiagnosis menderita tumor nueroendoctrine yang langka. Menurut Mayo Clinic, tumor itu adalah kondisi ketika ada pertumbuhan tidak normal pada sel neuroendoctrine khusus di tubuh. Awal pekan ini, Irffan dilarikan ke ICU di Kokibalen Dhirubhai Ambani Hospital akibat infeksi usus.

“Ini adalah hari yang menyedihkan, kami harus membawakan kabar wafatnya dia. Irffan adalah jiwa yang kuat, orang yang bertarung hingga akhir dan selalu menginspirasi setiap orang yang dekat dengannya,” ungkap pernyataan dari agensi PR Irffan, Hardly Anonymous Communications yang dikutip CNN.

Irffan meninggal dunia hanya sepekan setelah sang bunda terlebih dahulu menghadap Sang Khalik. Sayang, Irffan tidak bisa menghadiri pemakaman ibunya karena lockdown di India akibat pandemic Covid-19 yang membatasi pergerakan warga.

Lahir di negara bagian Rajasthan, Irffan meniggalkan seorang istri dan dua orang anak. Dia tertarik pada dunia akting sejak masih muda. Dia masuk National School of Drama di New Delhi dan memulai karier akting setelah itu. Setelah mendapatkan banyak pemeran pendukung selama lebih dari 10 tahun, dia akhirnya bisa mendapatkan peran utama pada 2000an dan memenangkan penghargaan pertamanya lewat film Haasil pada 2004.

Nama Irffan melejit ke dunia internasional setelah memerankan tokoh inspektur polisi di Slumdog Millionaire yang memenangkan 8 Oscar dan 7 BAFTA. Dia kemudian membintangi Life of Pi yang juga memenangkan banyak Golden Globes dan Oscar. Dia juga membintangi sejumlah film seperti The Amazing Spider-Man, Jurassic World dan Inferno.

Kematian Irffan meninggalkan duka di India. Berbagai ucapan duka cita dari politikus hingga selebritas pun membanjiri media sosial. Mereka mengungkapkan duka sekaligus memuji perjalanan karier Irffan.

“Wafatnya Irffan Khas adalah kehilangan bagi dunia sinema dan teater. Dia akan dikenang atas penampilan apiknya di media yang berbeda. Pikiran saya bersama keluarga, teman dan pengagumnya,” cuit Perdana Menteri India Narendra Modi di akun Twitter-nya.

Rekan sesama aktornya di Bollywood pun turut berduka atas kepergiannya. Aktor kawakan Bollywood, Amitabh Bachchan, mengatakan, kematian Irffan meninggalkan kekosongan besar.

“Talenta yang hebat, kolega yang baik hati, contributor mumpun bagi Dunia Sinema … meninggalkan kita terlalu cepat,” tulis Amitabh di Twitter.
(alv)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)