Ikan Kiamat Raksasa Naik ke Permukaan Laut Taiwan, Ini Faktanya

Kamis, 27 Juli 2023 - 08:44 WIB
loading...
Ikan Kiamat Raksasa Naik ke Permukaan Laut Taiwan, Ini Faktanya
Oarfish Raksasa Naik ke Permukaan Laut Taiwan. FOTO/ AFP
A A A
TAIPE - Ikan oarfish yang juga dikenal sebagai ikan kiamat bikin geger banyak orang karena tiba-tiba naik ke permukaan laut Taiwan. Benarkah akan terjadi bencana alam besar?



Sekelompok penyelam di laut Taiwan kaget luar biasa ketika mereka melihat fenomena yang mencengangkan. Tiba-tiba saja seekor ikan berukuran raksasa naik ke permukaan laut.

Ikan tersebut semakin mencuri perhatian karena bentuk dan gerakannya yang tidak biasa. Berbeda dengan ikan lain yang bergerak secara horisontal, ikan itu malah bergerak vertikal.

"Banyak hewan menakjubkan yang bisa ditemukan di timur laut Taiwan. Namun, ini adalah kali pertama saya bertemu oarfish raksasa," kata Wang Cheng-Ru, salah satu penyelam yang kemudian merekam fenomena tak biasa itu dan mengunggahnya di Instagram.

Sejatinya oarfish memang memiliki ukuran yang sangat besar dibanding ikan-ikan pada umumnya. Ukuran normal oarfish bisa mencapai tiga meter.

Hanya saja oarfish yang dilihat Wang Cheng-ru ukurannya jauh lebih besar lagi. Tidak heran jika oarfish yang naik ke permukaan laut Taiwan itu langsung bikin geger.

Selain soal ukuran, kehadiran oarfish tersebut kembali mencuatkan dugaan akan hadirnya potensi bencana alam berskala besar.

Pasalnya dari sisi mitos, oarfish kerap dihubung-hubungkan dengan potensi bencana alam berskala besar. Hal itu bermula dari cerita rakyat Jepang yang percaya bahwa penampakan oarfish adalah pertanda bencana yang akan datang.

Ikan itu bahkan diberi nama khusus oleh masyarakat negeri matahari terbit yakni ryugu no tsukai yang artinya pembawa pesan dari kerajaan tuhan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)