5 Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes, Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Sabtu, 29 Juli 2023 - 20:10 WIB
loading...
5 Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes, Ampuh Turunkan Tekanan Darah dan Kolesterol
Puasa memang memiliki banyak manfaat bagi penderita diabetes. Sebelum berpuasa, harus membicarakannya dahulu dengan dokter tentang kondisi kesehatannya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Puasa memang memiliki banyak manfaat bagi penderita diabetes . Namun sebelum berpuasa, pengidap diabetes harus membicarakannya terlebih dahulu dengan dokter tentang kondisi kesehatannya.

Diabetes merupakan salah satu jenis penyakit kronis. Di mana kadar gula dalam tubuh meningkat dan tidak stabil, sehingga menyebabkan metabolisme tubuh menjadi terganggu.

Salah satu fungsi puasa bagi kesehatan untuk penyakit yang satu ini yaitu menurunkan tekanan darah hingga kadar kolesterol. Mmasih ada lagi manfaat lain yang bisa didapatkan penderita diabetes ketika puasa.

Manfaat Puasa Bagi Penderita Diabetes



Berikut beberapa manfaat puasa untuk penderita diabetes dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (29/7/2023).



1. Turunkan Tekanan Darah


Puasa dapat mengurangi produksi hormon yang dapat meningkatkan tekanan darah, seperti adrenalin dan kortisol. Puasa juga dapat menurunkan stres oksidatif dan peradangan yang dapat memicu hipertensi.

Selain itu, puasa juga mendorong seseorang untuk menahan emosi dan rasa cemas yang dapat memengaruhi tekanan darah. Dengan puasa, tekanan darah penderita diabetes akan jauh lebih stabil.

2. Turunkan Kadar Kolesterol


Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan lemak di pembuluh darah, sehingga meningkatkan tekanan darah. Puasa dapat membantu mengurangi asupan kalori, lemak jenuh, gula, dan natrium yang dapat meningkatkan kolesterol.

Puasa juga dapat membantu tubuh memecah lemak menjadi energi, sehingga mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Namun, puasa harus dilakukan dengan sehat dan rutin, serta diimbangi dengan makanan yang bergizi saat berbuka dan sahur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2306 seconds (0.1#10.140)