Bangga! Rawon Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Dunia 2023, Kalahkan Ramen Jepang

Senin, 31 Juli 2023 - 04:30 WIB
loading...
Bangga! Rawon Dinobatkan sebagai Sup Terenak di Dunia 2023, Kalahkan Ramen Jepang
Rawon masuk di urutan teratas dalam daftar sup terenak di dunia. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Masyarakat Indonesia patut berbangga karena rawon masuk di urutan teratas dalam daftar sup terenak di dunia.

Rawon merupakan makanan olahan dari daging sapi yang kaya bumbu dengan cita rasa rempah yang khas dan menggoyang lidah. Salah satu bumbu khas dalam masakan ini adalah kluwek atau kepayang yang memberikan warna kuah hitam khas milik rawon.

Dikutip dari laman Taste Atlas, Minggu (30/7/2023), rawon mendapat rating 4.8, mengungguli beberapa negara Asia lain.



“Bumbu Indonesia yang tidak biasa ini sangat beracun saat mentah, dan selalu perlu difermentasi sebelum dikonsumsi. Kluwek digiling dengan bahan dan rempah-rempah lain, memberikan hidangan rasa yang bersahaja, serta warna hitam gelap yang unik. Asal-muasal sajian tersebut diyakini dari Kota Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur,” tulis keterangan dari Taste Atlas.

Di urutan kedua ada tonkotsu ramen dari Fukuoka Jepang dengan rating 4.7, disusul tom kha gai dari Thailand, sopa de lima, taiwanese hot pot, ciorba radauteana, bori-bori, ramen, shoyu ramen, dan yang terakhir ada zurek dari Polandia.



Selain memilih rawon sebagai sup terbaik di dunia, Taste Atlas juga memberikan rekomendasi beberapa kedai rawon di Indonesia yang memiliki rasa terbaik.

Salah satunya adalah Rawon Setan di Jl.Embong Malang I No.78, Genteng, Surabaya. Rawon Setan menjadi salah satu kedai rawon legendaris yang tak boleh dilewatkan saat ke Surabaya.

Kedai rawon ini telah berdiri sejak 1990. Menariknya, penamaan Rawon Setan dikarenakan jam bukanya yang hanya saat malam hari. Selain itu, banyak seniman yang telah bertandang ke kedai rawon ini karena kelezatan rawonnya.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1609 seconds (0.1#10.140)