Makanan yang Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dalam Hitungan Jam

Senin, 31 Juli 2023 - 07:02 WIB
loading...
Makanan yang Menurunkan...
Makanan yang menurunkan tekanan darah tinggi bisa menjadi alternatif. Makanan manis yakni kakao terbukti menurunkan tekanan darah tinggi dalam hitungan jam. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Makanan yang menurunkan tekanan darah tinggi bisa menjadi alternatif penderita hipertensi. Menurut penelitian, makanan manis yakni kakao atau cokelat terbukti menurunkan tekanan darah tinggi dalam hitungan jam.

Tekanan darah tinggi menjadi penyebab penyakit jantung. Untungnya, Anda dapat mengurangi tekanan darah tinggi melalui diet dan studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Nutrition menemukan bahwa kakao bisa memberikan manfaat.

Dilansir dari Express, Senin (31/7/2023) flavanol kakao, senyawa yang ditemukan dalam kakao mentah sebelumnya telah ditemukan untuk menurunkan tekanan darah dan kekakuan arteri sebanyak beberapa obat tekanan darah.

Namun, seberapa efektif flavanol dalam kehidupan sehari-hari dalam mengurangi tekanan darah tetap tidak diketahui. Ini karena penelitian sebelumnya di bidang ini telah dilakukan dalam pengaturan eksperimental yang dikontrol ketat. Dalam studi pertama, para peneliti menyelidiki penggunaan flavanol dalam menurunkan tekanan darah dan kekakuan arteri.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Wajib Dihindari, Nomor 6 Diminati Banyak Orang

“Tekanan darah tinggi dan kekakuan arteri meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan stroke. Jadi sangat penting bagi kami untuk menyelidiki cara-cara inovatif untuk mengobati kondisi seperti itu,” kata Profesor Kedokteran Kardiovaskular di Universitas Surrey Christian Heiss.

Selama beberapa hari, 11 peserta sehat mengonsumsi enam kapsul flavanol kakao atau enam kapsul plasebo yang mengandung gula merah. Peserta diberikan monitor tekanan darah lengan atas dan klip jari yang mengukur kecepatan gelombang nadi (PWV) yang mengukur tingkat kekakuan arteri.

Pengukuran tekanan darah dan PWV dilakukan sebelum konsumsi kapsul dan setiap 30 menit setelah konsumsi selama tiga jam pertama, dan kemudian setiap jam selama sembilan jam sisanya. Para peneliti menemukan tekanan darah dan kekakuan arteri peserta turun jika tinggi, dan tidak ada efek ketika tekanan darah rendah di pagi hari.

Secara signifikan, efek juga untuk pertama kalinya diidentifikasi pada delapan jam setelah kakao dikonsumsi. Para peneliti percaya bahwa kedua temuan ini mungkin disebabkan oleh bagaimana bakteri di usus memetabolisme flavanol kakao.

Baca Juga: 12 Faktor yang Mempengaruhi Darah Tinggi, Nomor 6 Banyak Dialami Wanita

“Dampak positif flavanol kakao terhadap sistem kardiovaskular kita, khususnya, fungsi pembuluh darah dan tekanan darah, tidak dapat disangkal. Dokter sering takut bahwa beberapa tablet tekanan darah dapat menurunkan tekanan darah terlalu banyak pada beberapa hari,” kata Heiss.

“Apa yang kami temukan menunjukkan bahwa flavanol kakao hanya menurunkan tekanan darah jika meningkat,” tandasnya.
(dra)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
Dokter Ungkap Cara Lepas...
Dokter Ungkap Cara Lepas dari Obat Darah Tinggi, Begini Caranya!
Daging Kambing Dituding...
Daging Kambing Dituding Picu Kolesterol dan Hipertensi, Ini Kata Menkes
Hipertensi Mulai Serang...
Hipertensi Mulai Serang Usia Muda, Kenali Penyebab dan Cara Mencegahnya
5 Makanan Pemicu GERD...
5 Makanan Pemicu GERD yang Wajib Dihindari Penderita Asam Lambung
Usung Cita Rasa Nusantara,...
Usung Cita Rasa Nusantara, Donat Lokal Bali Jajal Jakarta dan Bidik Riyadh
Waspada! Ini 4 Makanan...
Waspada! Ini 4 Makanan yang Bisa Picu Kesemutan pada Tangan dan Kaki
Pasar Pet Food Premium...
Pasar Pet Food Premium Tumbuh, Bio Cat Bidik Pemilik Anabul
Cek Kesehatan Gratis...
Cek Kesehatan Gratis di Solo, Kolesterol dan Tekanan Darah Banyak Ditemukan
Pantry Jadi Pabrik:...
Pantry Jadi Pabrik: Siasat Doku Ubah 1 Ton Sisa Makanan Jadi Emas Hitam
Rekomendasi
Indonesia Kompeten 2045,...
Indonesia Kompeten 2045, Wamenaker Dorong Kampus Perkuat Sertifikasi Kompetensi
Program Perempuan Berdaya...
Program Perempuan Berdaya Sandiaga Uno, Peserta Raup Pesanan Jutaan Rupiah
Kinerja Tumbuh 21,17%,...
Kinerja Tumbuh 21,17%, Patra Logistik Catat Pendapatan Rp3,25 Triliun di 2025
Berita Terkini
Siap Uji Nyali? Ini...
Siap Uji Nyali? Ini Deretan Rekomendasi Microdrama Horor di V+Short
Dari Suara Tawa hingga...
Dari Suara Tawa hingga Sosok di Atas Pohon, Ini Pengalaman Paling membekas bagi Angga ABK!
Betrand Peto Nangis...
Betrand Peto Nangis Lihat Video Viral Sarwendah: Kok Bunda Setega Itu
Sinopsis Disclosure...
Sinopsis Disclosure Day, Film Terbaru Steven Spielberg tentang Rahasia Alien yang Guncang Dunia
Richard Lee Ditahan...
Richard Lee Ditahan Kejati, Dokter Detektif: Bukti Sudah Lengkap dan Siap Diuji di Pengadilan
Luminary Heart Jadi...
Luminary Heart Jadi Andalan Isago x Nagita Slavina, Bisa Dipadukan untuk Berbagai Gaya
Infografis
5 Makanan Penurun Kolesterol...
5 Makanan Penurun Kolesterol Usai Lebaran yang Wajib Dicoba
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved