Jadi Ketua 2 HUT RI ke-78, Angela Tanoesoedibjo: Kami Siapkan 3 Site Events

Senin, 31 Juli 2023 - 18:15 WIB
loading...
Jadi Ketua 2 HUT RI ke-78, Angela Tanoesoedibjo: Kami Siapkan 3 Site Events
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo berkesempatan menjadi ketua 2 HUT RI ke-78. Foto/Novie Fauziah/MPI
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo berkesempatan menjadi ketua 2 Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78. Nantinya akan menghadirkan rangkaian site events yang akan semakin memeriahkan kegiatan tersebut.

"Kami sudah menyiapkan tiga site event yang dirancang, kita bersama-sama untuk membangkitkan semangat kebangsaan dan kebanggaan atas tradisi budaya Indonesia," katanya dalam konferensi pers di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Jakarta Pusat, Senin (31/7/2023).

Site eventnya diinisiasi oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE-KIM), yakni dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap budaya Indonesia, serta direpresentasikan melalui pergelaran seni.

3 Site Events HUT RI ke-78

1. Gelaran Angklung Terbesar di Dunia

Angela mengatakan pada HUT RI ke-78 ini akan ada pergelaran angklung terbesar di dunia. Di mana nantinya akan melibatkan lebih dari 15 ribu pemain angklung, juga mereka memainkan satu lagu nasional yakni "Berkibarlah Benderaku" dan lagu internasional "Wind of Change".



"Ini akan diadakan hari Sabtu, tanggal 5 Agustus 2023 pukul 19.30 sampai pukul 21.00 WIB," ujar Angela.

Selain itu akan dimeriahkan dengan berbagai pengisi acara ternama. Termasuk di dalamnya adalah musisi Indonesia, seperti Kahitna dan Saung Angklung Udjo.

2. Istana Berkebaya

Angela menambahkan, nantinya juga akan ada peragaan busana kebaya di Istana negara yang melibatkan 401 peserta, mereka akan berjalan di atas catwalk sepanjang 200 meter di area luar depan Istana Merdeka, Jakarta pada Minggu 6 Agustus 2023 pukul 15.30 sampai 17.45 WIB.

"Ini diinisiasi oleh Pemprov DKI dengan tujuan untuk mengangkat nasionalisme, melalui budaya berkebaya. Nanti akan dikenakan oleh tokoh-tokoh wanita inspiratif Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut, HUT RI ke-78 ini juga akan dimeriahkan dengan tari-tarian , pertunjukkan musik, panggung budaya dan tersedia area UMKM dan juga didukung dengan koreografer Deni Malik dan Sulfida Alisyahbana dari Jakarta Fashion Week.

"Untuk itu kita mengundang masyarakat memakai baju kebaya , kita rayakan bersama-sama acara istana berkebaya ini," tuturnya.

3. Gemilang Silang Monas

Pada 17 Agustus akan ada berbagai rangkaian acara, termasuk di luar istana yaitu Gemilang Silang Monas. Di mana nantinya akan ada video mapping pada Monumen Nasional pada pukul 15.30 sampai 22.00 WIB.

"Dan tentunya nanti akan ada tarian, ada bazar dan ada persembahan musik. Juga yang mungkin ditunggu-tunggu adalah ada kembang api. Jadi kita mengundang masyarakat untuk turut memeriahkan HUT RI ke-78," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)