Kesadaran Hidup Sehat Makin Tinggi, Pamor Matcha di Tanah Air Kian Melejit

Selasa, 01 Agustus 2023 - 15:14 WIB
loading...
Kesadaran Hidup Sehat Makin Tinggi, Pamor Matcha di Tanah Air Kian Melejit
Penggemar matcha mencicipi minuman olahan bubuk teh hijau jepang itu di ajang Food and Hotel Indonesia (FHI) di Jakarta, akhir Juli lalu. Foto/Armydian Kurniawan/MPI
A A A
JAKARTA - Matcha, bubuk daun teh hijau Jepang yang diolah secara khusus, kian populer di Indonesia. Berbagai restoran, kafe, hotel, hingga toko kue kini selalu menyediakan aneka varian makanan dan minuman kekinian berbasis olahan matcha karena permintaan yang terus meningkat.

Semakin melejitnya pamor matcha di Tanah Air tak lepas dari kesadaran mengenai gaya hidup sehat di masyarakat yang kian tinggi termasuk kalangan muda. Calvin Yong, pebisnis matcha bubuk murni dan latte kualitas premium di Indonesia, mengatakan, sebelum pandemi COVID-19, masyarakat menggemari matcha lebih karena rasanya yang khas. Baru sebagian kecil yang paham bahwa matcha itu menyehatkan.

“Nah, saat pandemi, kesadaran bergaya hidup sehat semakin meluas. Tambah banyak pula orang yang mengonsumsi matcha terutama jenis minumannya. Setelah pandemi berakhir, sekarang ini permintaan matcha lebih tinggi lagi. Masyarakat rindu pangan sehat,” ujar pendiri sekaligus CEO CY Beverages ini.

Beberapa khasiat matcha di antaranya menurunkan risiko diabetes, meningkatkan konsentrasi dan menekan stres karena mengandung L-theanine, meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berat badan, menyehatkan kulit karena mengandung antioksidan nabati alami yang tinggi, menurunkan risiko kanker karena mengandung epigallocatechin-3-gallate dan katekin, serta mencegah kerusakan ginjal, jantung dan hati.



“Yang mau langsing dan sehat banyak-banyak mengonsumsi matcha. He he,” ujar Calvin.

Calvin “bermain” di industri matcha sejak 2019 untuk B to C maupun B to B. Tujuh varian produk pure matcha CY Beverages menggunakan bubuk matcha yang diimpor langsung dari Shizuoka, Jepang dengan rasa umami yang pekat serta warna hijau yang kuat. “Daun teh matchanya digiling tanpa tambahan
Gula, pewarna serta bahan kimia lainnya,” jelas Calvin.

Pada pengujung Juli 2023 di ajang Food and Hotel Indonesia (FHI) Jakarta, Calvin meluncurkan seri plant-based yang terbuat dari 100% bahan vegetarian friendly tanpa protein hewani. Seri ini terdiri atas tiga varian rasa yakni Matcha Latte with Honey and Black Soya, Matcha Latte with Toasted Oats dan Matcha Latte with Roasted Almond.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2088 seconds (0.1#10.140)