Apa Beda Gula Darah dan Diabetes? Ini Jawabannya

Kamis, 03 Agustus 2023 - 14:07 WIB
loading...
Apa Beda Gula Darah dan Diabetes? Ini Jawabannya
Apa beda gula darah dan diabetes? Meski keduanya saling berkaitan, namun gula darah dan diatebes sejatinya merupakan dua hal yang berbeda. Foto Ilustrasi/Diabetes UK
A A A
JAKARTA - Apa beda gula darah dan diabetes? Meski keduanya saling berkaitan, namun gula darah dan diatebes sejatinya merupakan dua hal yang berbeda.

Gula darah sendiri adalah istilah untuk menjelaskan kadar gula di dalam darah kita. Kadar gula ini dipengaruhi oleh apa yang kita makan sehari-hari.

Di keseharian, kita biasanya makan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula. Dalam tubuh zat tersebut dipecah atau dimetabolisme. Kadar gula darah akan menjadi standar pengukuran apakah seseorang terkena penyakit diabetes melitus atau tidak.



Nah, dari sini mulai terlihat beda antara dua istilah kesehatan tersebut. Sekarang mari kita pahami dulu apa itu diabetes melitus.

Mengutip laman Hello Sehat, diabetes merupakan istilah yang menjelaskan tentang penyakit gangguan metabolisme gula akibat gangguan pada hormon insulin yang membantu metabolisme si gula darah.

Jadi, gula darah dan diabetes merupakan istilah yang saling berkaitan satu sama lain. Diabetes itu penyakit, sementara gula darah adalah kadar gula dalam darah yang bisa diukur dan menjadi tanda adanya penyakit diabetes.

Penderita diabetes melitus memiliki gangguan pada proses metabolisme gula darah karena kekurangan hormon insulin atau sel tubuh tidak berespons baik pada insulin.



Secara umum kadar gula darah pada tiap orang dapat mengalami kenaikan atau penurunan secara rutin, tergantung asupan makanan yang masuk dan kondisi kesehatan tubuh.

Pada orang dengan diabetes atau mengalami gangguan hormon pengatur gula darah, yaitu insulin, asupan makanan sangat memengaruhi kadar gula darah. Terlalu banyak makan makanan dengan kandungan gula atau karbohidrat akan menaikan gula darah lebih tinggi dari orang normal yang tak punya riwayat diabetes.

Pemilihan makanan yang baik akan membantu mempertahankan kadar gula agar tetap normal. Beberapa contoh makanan untuk menjaga gula darah stabil yaitu jagung, ubi jalar, gandum utuh, beras merah, sayuran hijau, biji chia, dan kacang-kacangan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6061 seconds (0.1#10.140)