Benarkah Cuci Muka Pakai Air Dingin Bikin Awet Muda?

Kamis, 03 Agustus 2023 - 18:32 WIB
loading...
Benarkah Cuci Muka Pakai Air Dingin Bikin Awet Muda?
Membersihkan wajah menggunakan air dingin memiliki banyak manfaat. Foto/bebeautiful.in
A A A
JAKARTA – Membersihkan wajah menggunakan air dingin memiliki banyak manfaat. Salah satunya bikin awet muda, benarkah?

Membersihkan wajah dengan air dingin dipercaya bisa meningkatkan laju aliran darah hingga mengecilkan pori-pori.

Baca Juga: Rieta Amilia Ogah Bahas Gugatan Rp300 Miliar: Sidang Apa Ya?

Lewat Instagram, dr. Nadia Alaydrus membenarkan hal itu, namun membersihkan wajah dengan air dingin itu sifatnya hanya sementara.

Dijelaskan, air dingin tidak bisa melarutkan minyak yang terdapat pada wajah sehingga kemungkinan besar minyak tersebut masih tertinggal di wajah dan justru akan menimbulkan jerawat.

“Air dingin bisa mengecilkan pori-pori itu memang benar, tapi sifatnya cuma sementara, tapi sayangnya air dingin itu tidak bisa melarutkan minyak seefektif air hangat jadi lebih besar kemungkinannya minyak itu masih tertinggal di wajah dan bisa menyumbat pori-pori yang akhirnya bisa menyebabkan jerawat,” kata dr. Nadia Alaydrus, dikutip dalam Instagram @nadialaydrus, Kamis (3/8/2023).

Sementara, kata dia, air hangat justru bisa menghilangkan lapisan minyak yang terdapat pada wajah. Hanya saja efek samping yang ditimbulkan kulit wajah akan terlihat lebih kering dari biasanya.

Untuk itu, dr. Nadia memberikan saran bahwa sebetulnya mencuci wajah yang baik yaitu dengan menggunakan air suam-suam kuku, yakni keadaan temperatur yang tidak panas juga tidak dingin, melainkan berada di antara keduanya.

Air suam-suam kuku dinilai dapat melarutkan minyak yang terdapat pada wajah tanpa harus merusak lapisan minyak pada kulit.

“Terus cuci muka bagusnya pakai air yang gimana dong? Ya air suam-suam kuku karena bisa melarutkan minyak berlebih dan juga kotoran dengan tetap tidak menggerus lapisan minyak natural di kulit,” katanya.

Frekuensi mencuci wajah juga perlu diperhatikan, di mana frekunesi mencuci wajah yang baik cukup dua sampai tiga kali sehari menggunakan sabun yang lembut dan tidak membuat wajah iritasi.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)