5 Minuman yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Mampu Stabilkan Gula Darah

Minggu, 06 Agustus 2023 - 13:06 WIB
loading...
5 Minuman yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes, Mampu Stabilkan Gula Darah
Penderita diabetes harus mengontrol segala minuman yang masuk ke dalam tubuh. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Penderita diabetes harus mengontrol segala minuman yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini untuk menjaga kadar gula darah dalam tubuh agar tetap stabil. Dengan begitu penderita diabetes dapat menjalani kehidupannya dengan normal.

Mengutip laman Healthline, Minggu (6/8/2023), American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan minuman tanpa kalori atau rendah kalori untuk penderita diabetes karena dapat mencegah lonjakan gula darah. Salah satu contoh minuman rendah kalori seperti air mineral yang ditambahkan perasan jeruk lemon.

Namun, selain itu masih banyak lagi aneka minuman yang dapat dikonsumsi. Berikut ini rekomendasi minuman yang aman untuk penderita diabetes, yang telah dirangkum dari Healthline.


1. Air Mineral

Air mineral adalah minuman yang aman untuk tubuh. Air mineral mampu menghidrasi tubuh dan dapat menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin.

The Institute of Medicine merekomendasikan pria dewasa minum sekitar 13 cangkir air mineral (3,08 liter) sehari dan wanita minum sekitar 9 cangkir air mineral (2,13 liter).

Namun, jika Anda merasa air mineral tidak menarik untuk dikonsumsi, cobalah menambahkan irisan lemon, jeruk nipis, atau jeruk ke dalam minuman. Selain itu, Anda juga bisa menghancurkan beberapa raspberry segar atau beku ke dalam minuman.

2. Teh Herbal

Variasi teh herbal seperti chamomile, kembang sepatu, jahe, dan teh peppermint adalah pilihan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Teh herbal tidak hanya bebas dari karbohidrat, kalori, dan gula, tetapi juga kaya akan senyawa antioksidan penawar penyakit, termasuk karotenoid, flavonoid, dan asam fenolik.

3. Jus Tomat

Tomat mengandung likopen, karotenoid yang mampu menurunkan glukosa tubuh dan meningkatkan kadar insulin. Selain itu, tomat termasuk dalam indeks glikemik yang rendah karena mampu menurunkan berat badan serta mengurangi lonjakan gula darah. Dengan begitu, jus tomat aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Untuk mendapatkan cita rasa minuman yang semakin lezat, tambahkan sayuran berdaun hijau, seledri, atau mentimun serta segenggam buah beri untuk persediaan vitamin dan mineral yang beraroma. Namun, ingatlah untuk menghitung buah beri ini sebagai bagian dari total karbohidrat yang Anda konsumsi pada hari itu.


4. Susu Rendah Lemak

Susu mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Namun sayang, susu juga menambahkan karbohidrat. Untuk itu, bagi penderita diabetes, pilihlah susu tanpa pemanis, rendah lemak, atau skim guna dikonsumsi. Selain itu, perhatikan juga jumlah yang dikonsumsi. Jangan minum lebih dari dua hingga tiga gelas sehari.

5. Kopi Tanpa Pemanis

Kopi boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Minum kopi dapat membantu menurunkan risiko Anda terkena diabetes tipe 2 dengan meningkatkan metabolisme gula.

Namun, penting untuk diingat, kopi yang Anda konsumsi harus tanpa pemanis. Jangan sesekali menambahkan susu, krim, atau gula ke kopi karena dapat meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh dan memengaruhi kadar gula darah. Jika ingin ada rasa manis dalam kopi, coba tambahkan pemanis tanpa kalori.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2225 seconds (0.1#10.140)