Heboh Air Galon Guna Ulang Disebut Bisa Sebabkan Autisme, Benarkah?

Minggu, 06 Agustus 2023 - 18:33 WIB
loading...
Heboh Air Galon Guna Ulang Disebut Bisa Sebabkan Autisme, Benarkah?
Masyarakat dihebohkan galon guna ulang yang diisukan berbahaya bagi ibu hamil dan anak, bahkan bisa menyebabkan autis. Benarkah? Foto/ boltdns.
A A A
JAKARTA- Masyarakat dihebohkan dengan penggunaan wadah kemasan pangan, khususnya Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) galon guna ulang diisukan berbahaya bagi ibu hamil dan anak, bahkan bisa menyebabkan autis. Benarkah?

Dokter dan spesialis anak konsultan tumbuh kembang Prof. DR.dr Rini Sekartini menegaskan bahwa air kemasan galon sifatnya aman dikonsumsi. Ini karena sudah mendapat izin BPOM.



“Air galon yang sudah diijinkan dari BPOM harusnya aman untuk dikonsumsi” tutur Rini.

Dijelaskannya, air kemasan galon tidak ada hubungannya dengan penyebab autis. Menurutnya, autis itu multifactor dan tidak terkait asupan makanan dan minuman.

Selaras dengan Rini, Dokter Spesialis anak dan Konsultan Tumbuh Kembang Anak, dr. Bernie Endyarni Medise, SpA(K), MPH mengatakan tidak pernah ada anak menjadi autis karena mengonsumsi air galon guna ulang.

“Yang mengatakan autis itu karena ibunya waktu hamil terlalu banyak minum air galon guna ulang itu jelas salah. Tidak ada hubungannya,” tuturnya.

Sementara itu Dr. Muhammad Alamsyah, dr., Sp.OG(K), M.Kes., dokter spesialis kandungan yang juga Ketua Pokja Infeksi Saluran Reproduksi Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), memastikan air dari AMDK galon aman dikonsumsi para ibu hamil dan anak balita. Kabar yang beredar tidak terbukti kebenarannya.

"Sampai saat ini saya tidak pernah menemukan terkait hal tersebut. Jadi jangan khawatir," ucapnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1516 seconds (0.1#10.140)