Makna Kebaya bagi Angela Tanoesoedibjo, Lambangkan Wanita Tangguh dan Bersahaja

Minggu, 06 Agustus 2023 - 21:18 WIB
loading...
Makna Kebaya bagi Angela Tanoesoedibjo, Lambangkan Wanita Tangguh dan Bersahaja
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mengungkap makna kebaya saat menghadiri Istana Berkebaya di Jakarta pada Minggu (6/8/2023). Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo turut hadir dalam gelaran acara busana, Istana Berkebaya di area Istana Negara, Jakarta pada Minggu (6/8/2023).

Angela tampil cantik dan anggun saat turut melenggang di catwalk Istana Berkebaya. Pengalaman ini dibagikan Angela dalam unggahan akun Instagram pribadinya.



Angela mengunggah potret bersama para menteri wanita Indonesia, seperti Sri Mulyani, Retno Marsudi, Ida Fauziyah beserta anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Putri Kuswisnu Wardani.

“Bersama Ibu Menteri Sri Mulyani, Retno Marsudi Ida Fauziyah dan Ibu Wantimpres Putri Kuswisnu Wardani mencoba berjalan di catwalk sepanjang 200 m dalam balutan kebaya dalam rangka memeriahkan jelang HUT ke 78 Republik Indonesia, Istana Berkebaya,” tulis Angela dikutip MNC Portal Indonesia, Minggu (6/8/2023).

Dalam unggahan itu, terlihat potret Angela tampil anggun dengan balutan kebaya encim khas Betawi. Busana itu merupakan karya tangan desainer Tanah Air, Iam Yogie Pratama, di mana konsep kebaya yang dikenakan bernuansa merah dan putih.

Angela pun mengungkap makna busana kebaya yang merupakan pakaian khas wanita Indonesia. Baginya, kebaya mencerminkan wanita Tanah Air selalu paham budi pekerti dan mengedepankan kesopanan.



“Dari makna yang terkandung dari Kebaya itu sendiri (mengutip bapak Presiden), kebaya itu melambangkan karakter masyarakat Indonesia yang anggun, lemah lembut, sopan dan bersahaja,” ujar Angela Tanoesoedibjo.

Lebih lanjut, Angela menaruh harapan untuk kelestarian budaya Indonesia, termasuk dari busana kebaya. Angela Tanoesoedibjo berharap di momen jelang HUT ke-78 RI ini bisa menjadi momentum untuk terus membangkitkan semangat dan nasionalisme.

“Dalam semangat HUT RI, mari kita terus nyalakan semangat nasionalisme dengan melestarikan budaya,” ujar dia.

Sebagai informasi, acara pagelaran busana Istana Berkarya dilaksanakan pada Minggu (6/8/2023) di area luar depan Istana Merdeka, Jakarta. Acara yang turut disaksikan Presiden RI, Joko Widodo ini melibatkan 401 peserta yang akan berjalan di atas catwalk sepanjang 200 meter.

Lebih lanjut, acara yang juga menjadi bagian dari HUT RI ke-78 ini juga akan dimeriahkan dengan tari-tarian, pertunjukkan musik, panggung budaya dan tersedia area UMKM dan juga didukung dengan koreografer Deni Malik dan Sulfida Alisyahbana dari Jakarta Fashion Week.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2069 seconds (0.1#10.140)