7 Makanan dan Minuman untuk Penderita Gagal Ginjal Kronis, Cegah Kerusakan Organ Makin Parah

Rabu, 09 Agustus 2023 - 16:31 WIB
loading...
7 Makanan dan Minuman untuk Penderita Gagal Ginjal Kronis, Cegah Kerusakan Organ Makin Parah
Menjaga kondisi ginjal sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Minum banyak air merupakan salah satu langkah untuk menjaga ginjal dalam kondisi baik. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Menjaga kondisi ginjal sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Minum banyak air merupakan salah satu langkah untuk menjaga ginjal dalam kondisi baik.

Mengonsumsi beberapa makanan seperti sayuran hijau gelap, ikan berminyak, dan buah beri juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Mengikuti rencana diet untuk ginjal yang sehat dapat membantu ginjal berfungsi dengan baik dan mencegah kerusakan pada organ ini. Namun, tidak semua makanan cocok untuk orang yang memiliki penyakit ginjal.



Berikut adalah deretan makanan dan minuman yang baik untuk orang dengan penyakit ginjal kronis, dikutip dari Medical News Today, Rabu (9/8/2023).

1. Air

Air merupakan minuman yang paling penting bagi tubuh. Sel menggunakan air untuk mengangkut racun ke dalam aliran darah.

Ginjal kemudian menggunakan air untuk menyaring racun ini dan membuat urine yang mengangkutnya keluar dari tubuh. Seseorang dapat mendukung fungsi tersebut dengan minum setiap kali merasa haus.

2. Putih Telur

Telur adalah protein yang sederhana, bagian kuningnya mengandung fosfor yang sangat tinggi. Orang dengan gagal ginjal akut bisa membuat telur dadar atau telur orak-arik hanya dengan bagian putihnya saja.

3. Ikan Berlemak

Salmon, tuna, dan ikan berlemak lain tinggi kandungan asam lemak omega-3, yang bisa menjadi tambahan bermanfaat untuk diet apa pun.

Omega-3 dapat mengurangi kadar lemak dalam darah dan juga sedikit menurunkan tekanan darah. Karena tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit ginjal.

4. Buah Berry

Buah berry, dalam hal ini termasuk stroberi, blueberry, dan raspberry, merupakan sumber nutrisi dan senyawa antioksidan yang bermanfaat. Kandungan tersebut dapat membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan.


5. Apel

Apel adalah camilan sehat yang mengandung serat penting yang disebut pektin. Pektin dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko kerusakan ginjal seperti kadar gula darah dan kolesterol tinggi.

6. Kubis

Kubis adalah sayuran berdaun yang bermanfaat bagi penderita gangguan ginjal akut. Kubis relatif rendah potasium dan sangat rendah sodium, namun juga mengandung banyak senyawa serta vitamin yang bermanfaat.

7. Paprika Merah

Selain rendah mineral seperti sodium dan potasium, paprika merah mengandung senyawa antioksidan yang bermanfaat, yang dapat melindungi sel dari kerusakan.

Ginjal memainkan peran penting dalam menyaring darah dan menghilangkan produk limbah dalam urine. Banyak makanan dapat membantu mendukung ginjal yang sudah sehat dan mencegah kerusakan organ ini.

Namun, orang dengan penyakit ginjal kronis perlu mengikuti aturan diet yang berbeda untuk melindungi ginjal dari kerusakan lebih lanjut. Disarankan sebelum melakukan diet, penting untuk membicarakannya terlebih dulu dengan dokter.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2499 seconds (0.1#10.140)