Masak Sehat dan Hemat Cegah Stunting, MNC Peduli dan Park Hyatt Ajak Masterchef Demo Masak

Kamis, 10 Agustus 2023 - 15:04 WIB
loading...
Masak Sehat dan Hemat Cegah Stunting, MNC Peduli dan Park Hyatt Ajak Masterchef Demo Masak
MNC Peduli dan Park Hyatt Jakarta dan Masterchef Indonesia memberikan demo masak sehat. Foto/ Wiwie Heryani.
A A A
JAKARTA - Salah satu poin penting dalam pencegahan stunting adalah dengan asupan makanan sehat.

Makanan dengan protein hewani yang dianjurkan pemerintah untuk dikonsumsi, di antaranya memiliki zat gizi, lengkap seperti asam amino, mineral dan vitamin yang penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.

Selain itu, protein nabati dan makanan berserat juga dibutuhkan untuk memenuhi mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan balita. Tidak selalu mahal, memasak makanan sehat dengan bergizi bisa dilakukan dengan biaya yang murah.

Hal inilah yang mendasari MNC Peduli untuk berkolaborasi dengan Park Hyatt Jakarta dan Masterchef Indonesia, seperti Gio MasterChef, Fani MasterChef dan Yulita MasterChef untuk memberikan demo masak bertajuk “Masak Sehat dan Hemat Cegah Stunting, Menuju Generasi Indonesia Emas 2045”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Badminton Jl. Binatu 1, Kelurahan Petojo Utara, Jakarta Pusat pada Kamis (10/8/2023). Demo masak ini diikuti oleh 50 peserta yang merupakan ibu hamil dan orang tua dari balita setempat.

Dengan menu dari Park Hyatt Jakarta, Gio MasterChef mengajarkan peserta untuk memasak hati ayam semur. Ada juga Fani MasterChef yang turut mengajarkan peserta untuk memasak tumis sawi hijau jagung dan tahu goreng bawang putih. Lalu pada sesi terakhir, Yulita MasterChef mengajarkan peserta untuk memasak ayam goreng lengkuas.

Selagi memasak, para MasterChef juga menjelaskan kadungan nutrisi yang ada pada bahan masakan dan juga manfaatnya dalam tumbuh kembang balita.

“Jadi kalau tahu goreng itu nggak perlu sampai deep fried banget. Minyaknya nggak usah banyak, tapi panasnya harus cukup panas sekitar 160-170 derajat. Dan juga jangan terlalu sering diaduk biar nggak pecah,” papar Fani MasterChef, sambil memasak di hadapan para warga.

Kalau misal untuk tumis sayurannya, jangan cepat-cepat masukin air, biarin aja dia mateng bagian luarnya dulu, jadi terakhir ketika mau seasoning baru dikasih air supaya dia warnanya bagus, teksturnya masih berasa, dan rasanya masih oke,” ujar dia.

Usai demo masak di hadapan warga, Fani lantas mengaku senang dan puas melihat antusiasme warga disana yang tampak memperhatikan dirinya ketika memasak tumis sawi hijau jagung dan tahu goreng bawang putih, serta menjelaskan terkait manfaat makanan sehat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1391 seconds (0.1#10.140)