Mengenal Sejarah Musik Punk, Musik yang Kental dengan Kritikan

Kamis, 10 Agustus 2023 - 18:11 WIB
loading...
Mengenal Sejarah Musik Punk, Musik yang Kental dengan Kritikan
Podcast Kacamata Dochi akan membahas soal musik punk. Foto/Dok Roov
A A A
JAKARTA - Dunia musik diketahui memiliki beragam genre di dalamnya. Dalam genre musik underground ada beberapa sub genre, seperti rock dan punk .Ya, punk, sejatinya bukan hanya soal fesyen, namun juga tentang musik. Tak sedikit orang yang mengetahui jika tren satu ini pun merambah dalam dunia musik.

Lalu, bagaimana sejarah musik punk? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Perlu diketahui punk pertama kali muncul di Inggris saat negara itu sedang mengalami krisis ekonomi. Sehingga banyak masalah yang timbul seperti pengangguran yang parah dan peningkatan kekerasan di jalanan.Kondisi ini tentunya sangat terasa bagi kalangan kelas pekerja yang terpisah dari kehidupan sosial sebab harus bekerja paruh waktu.

Baca Juga : Line Up Soundsfest 2023, Ebiet G. Ade Ajak Penonton Bernostalgia

Alhasil, generasi muda di Inggris khususnya yang berasal dari kalangan kelas pekerja menjadikan punk sebagai sebuah wadah yang mewakili suara mereka.Punk menjadi sebuah terobosan dalam hal kebebasan berbicara bagi kaum muda kelas bawah yang jarang memiliki suara, baik secara budaya maupun politik.

Sejatinya, musik punk identik dengan lirik yang sederhana dan kasar, dengan irama musik yang cepat. Sayangnya, Banyak yang salah mengartikan punk sebagai glue sniffer karena di negara Inggris terjadi wabah penggunaan lem berbau tajam untuk menggantikan bir yang tidak terbeli oleh para punkers.



Salah satu band yang memiliki sub genre satu ini adalah Humanoid . Band asal Bekasi yang digawangi oleh Adieth sebagai vocal ini sendiri acap kali mengangkat isu-isu terkini, seperti isu sosial, kemanusiaan, dan juga kritik.Berbeda dengan band punk lainnya, Humanoid mengemas karyanya sedemikian rupa agar dapat didengarkan dengan mudah bagi semua kalangan, meski genre punk.

Band satu ini pun berkesempatan untuk ngobrol bareng Dochi Sadega di PODCAST KACAMATA DOCHI. Penasaran dengan kisah dari band satu ini? Kamu bisa dengerin di Live Podcast Kacamata Dochi - Humanoid hari ini Kamis, 10 Agustus 2023 pukul 20.00 WIB hanya di Audio+ ROOV RCTI+.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1909 seconds (0.1#10.140)